Menu

Penyakit Jantung pada Wanita dan Pria Apakah Sama? Ketahui Gejala hingga Penanganannya Moms!

18 Agustus 2023 15:55 WIB
Penyakit Jantung pada Wanita dan Pria Apakah Sama? Ketahui Gejala hingga Penanganannya Moms!

Ilustrasi penyakit jantung. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, penyakit jantung merupakan kondisi di mana organ jantung mengalami gangguan atau gak bisa berfungsi normal sehingga dapat memengaruhi kerja tubuh secara keseluruhan. Namun, apakah ada perbedaan antara penyakit jantung wanita dengan pria?

Menjawab pertanyaan tersebut,  dr. Alexandra Gabriella, Sp. J. P, FIHA selaku Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah, menjelaskan bahwa pada dasarnya penyakit jantung itu sama saja, baik bagi wanita maupun pria. Namun, dilihat dari usia, wanita cenderung terserang penyakit jantung ketika memasuki usia tua, Moms.

“Berdasarkan penelitian, dinyatakan bahwa pria lebih mudah terserang penyakit jantung di usia yang lebih muda dibandingkan dengan wanita. Sementara wanita cenderung terkena penyakit jantung di usia yang lebih tua. Hal ini dipengaruhi oleh penurunan hormon estrogen yang dimiliki oleh wanita di usia senja,” ungkap dr. Alexandra kepada HerStory beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, secara umum penyebab penyakit jantung antara wanita maupun pria sama-sama disebabkan oleh gaya hidup yang gak sehat. Kebiasaan buruk ataupun gaya hidup gak sehat rentan mengundang gangguan kesehatan, salah satunya penyakit jantung.

“Gaya hidup yang rentan menyebabkan penyakit jantung pada pria dan wanita sama saja, yaitu gaya hidup yang kurang sehat (sedentary life) yang ditandai dengan kurangnya aktivitas olahraga, sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, serta tidak mengontrol faktor-faktor risiko penyakit jantung seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, asam urat, dan kolesterol,” jelasnya.

Meski begitu, ada beberapa kondisi di mana wanita rentan terserang penyakit jantung, yaitu setelah memasuki usia menopause. Di usia senja, wanita dan pria memiliki potensi terserang penyakit jantung yang sama.

“Pada saat wanita memasuki usia menopause, risiko kardiovaskular atau penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah akan meningkat. Pada usia menopause, angka kemungkinan wanita terkena penyakit jantung menjadi sama dengan pria,” ungkap Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah RS Pondok Indah ini.

Selain itu, di masa kehamilan juga menjadi rentan bagi wanita, Moms. Ada berbagai jenis penyakit jantung yang umum terjadi, namun saat hamil wanita rentang mengalami peripartum cardiomyopathy (PPCM) atau kelainan otot jantung.

“Pada 3 bulan sebelum melahirkan hingga 6 bulan pasca melahirkan, wanita rentan mengalami penyakit bernama peripartum cardiomyopathy (PPCM), yaitu kondisi kelainan otot jantung. Penyakit ini memiliki gejala sesak napas atau mudah lelah. Gejalanya sama dengan gagal jantung, tetapi kondisi ini menyerang wanita usia muda yang baru saja melahirkan atau mendekati masa melahirkan. Hal inilah yang perlu diwaspadai, khususnya bagi para wanita muda,” jelasnya.

Meski rentan terjadi, sayangnya ada gejala penyakit jantung yang sulit terdeteksi, Moms. Kondisi ini menyebabkan penderita cenderung abai meski ada ancaman serangan jantung yang gak diduga.

Apalagi, berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 85% kematian di dunia disebabkan oleh stroke dan serangan jantung. Penyakit kardiovaskular ini menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia bahkan disebut sebagai silent killer.

Melihat fenomena kematian yang tinggi akan penyakit jantung ini, dr. Alexandra menganjurkan untuk rutin melakukan pengecekan medis. Dengan begitu, Moms dapat memantau kondisi kesehatan dan mengatasi penyakit sejak dini.

“Penyakit jantung disebut sebagai silent killer karena gejalanya cenderung tidak dapat dirasakan. Serangan jantung bisa datang kapan saja dan tiba-tiba. Namun, ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk mendeteksi dini penyakit jantung. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up secara rutin. Ragam pemeriksaan kesehatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi seseorang seperti usia dan jenis kelamin,” papar dr. Alexandra.

cara deteksi dini penyakit jantung ada di halaman berikut ya!

Baca Juga: Dosanya Terlampau Banyak! Ini 3 Zodiak yang Bakal Punya Penyakit Baru di Bulan Desember, Waspada Bisa Jadi Kamu Salah Satunya!

Baca Juga: 4 Cara agar Beauty Terhindar dari Iskemia Jantung, Penyakit Jantung yang Bisa Sebabkan Kematian Mendadak!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: