Menu

Kurangnya Asupan Asam Folat Saat Hamil Berisiko Anak Alami Kelainan Tulang Lho Moms, Begini Kata Dokter..

24 Agustus 2023 08:45 WIB
Kurangnya Asupan Asam Folat Saat Hamil Berisiko Anak Alami Kelainan Tulang Lho Moms, Begini Kata Dokter..

Bayi lahir secara prematur (Freepik/Mama's Choice)

HerStory, Jakarta —

Moms, kelainan tulang pada kaki anak dibagi menjadi 2 kategori, yaitu pertama kelainan pada saat lahir dan kelainan yang berhubungan dengan pertumbuhan. Penyebabnya bisa karena berat badan, kebiasaan, atau karena penyakit lain yang menyebabkan kelainan tersebut menjadi terbentuk pada anak, Moms.

Salah satu kelainan pada anak saat lahir adalah clubfoot yaitu kelainan pada bentuk kaki bayi di mana kaki jadi  bengkok ke dalam seperti terkilir.

Dijelaskan oleh dr. Patar Parmonangan Oppusunggu, Sp.OT (K), Dokter Spesialis Orthopedi, Konsultan Pediatrik Eka Hospital BSD, di mana clubfoot membutuhkan penanganan sesegera mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal

"Penyebab kelainan tulang dalam kandungan berkaitan erat dengan nutrisi. kekurangan asam folat bisa menggangu pembentukan saraf tulang belakang yang pada akhirnya akan mempengaruhi  perkembangan kaki di dalam rahim," jelas dr Patar dalam media brief, Rabu (23/8/2023).

Beberapa penelitian menyebutkan, panggul ibu yang relatif sempit bisa mnyebabkan beberapa kelainan, seperti clubfoot dan developmental dysplasia of the hip (DDH).

"Kondisi di mana sendi bola dan songket pinggul tidak terbentuk dengan benar pada bayi dan anak kecil," sambung dr Patar.

Secara anatomi, panggul ibu yang sempit memiliki risiko menimbulkan beberapa kelainan perkembangan bayi dalam rahim.

Kelainan tulang kaki X dan O

Kelainan Tulang kaki X dan O terjadi karena sebuah kelainan yang disebut rakitis, yaitu sebuah kelainan pada sendi dan tulang yang menyebabkan pertumbuhan dan struktur tulang yang buruk dan menyebabkan tulang menjadi lemah dan lunak.

Kondisi ini menyerang anak-anak dan mengganggu proses pertumbuhan fisik, dimana salah satu dampaknya yaitu kaki menyerupai huruf X atau O. Kondisi ini dapat menyerang kapan saja, biasanya mulai menyerang di usia pertumbuhan yaitu 6 bulan hingga 3 tahun.

Baca Juga: Kenalan dengan Program Fertility Benefit dari Merck untuk Moms dan Dads yang Sedang Merencanakan Promil, Intip Yuk!

Baca Juga: Jangan Terkecoh! Flek Coklat Tanda Kehamilan atau Haid Sih? Simak Cara Membedakannya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan