Menu

Jadi Penyakit Silent Killer, Kenali Bahaya Darah Tinggi Sejak Dini Moms, Penting!

31 Agustus 2023 11:00 WIB
Jadi Penyakit Silent Killer, Kenali Bahaya Darah Tinggi Sejak Dini Moms, Penting!

Ilustrasi memeriksa tekanan darah. (Pixabay/Steve Buissinne)

HerStory, Jakarta —

Beauty, hipertensi adalah suatu kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Biasanya hipertensi didefinisikan sebagai tekanan darah di atas 140/90, dan dianggap parah jika tekanan di atas 180/120.

Dalam rangka Hari Hipertensi Sedunia, Tropicana Slim berkolaborasi dengan InaSH (Indonesian Society of Hypertension) dan OMRON melakukan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

Di mana pentingnya pencegahan dan kontrol tekanan darah melalui gaya hidup sehat dan melalui kampanye #BeatHypertension 2023. Penyakit hipertensi kerap dianggap sebagai silent killer karena seringkali timbul tanpa gejala lho, Beauty.

Sehingga banyak kasus hipertensi yang tidak terdiagnosis dan seringkali berakibat fatal karena tidak segera dikontrol dengan baik. Menurut Past President InaSH (Indonesian Society of Hypertension) dr. Tunggul D. Situmorang, SpPD-KGH, di Indonesia kasus hipertensi cukup mengkhawatirkan.

"Berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, 34,1% masyarakat Indonesia (1 di antara 3 orang) menderita hipertensi, dan sayangnya masih banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya  hipertensi," jelas dr. Tunggul dalam media brief beberapa waktu lalu.

Padahal hipertensi dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, dan kerusakan organ lainnya.

"Untungnya hipertensi dapat dicegah, salah satunya dengan menjalankan pola makan sehat, seperti membatasi asupan garam dan rutin melakukan pengecekan tekanan darah,” jelas dr. Tunggul.

Baca Juga: Biar Gak Membahayakan Tubuh, Ini Nilai Tekanan Darah yang Normal pada Lansia, Kira-Kira Berapa Ya?

Baca Juga: Darah Tinggi Minggat! Ini 5 Makanan Kaya Protein yang Cocok untuk Dikonsumsi, Catat Ya Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan