Menu

Sudah Mengurangi Porsi Makan tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun? Yuk Simak Penyebabnya!

05 September 2023 20:30 WIB
Sudah Mengurangi Porsi Makan tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun? Yuk Simak Penyebabnya!

Ilustrasi wanita dengan berat badan berlebih. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Banyak orang menganggap mengurangi porsi makan dan kalori menjadi hal utama dalam penurunan berat badan. Padahal nyatanya, saat diet, kebutuhan nutrisi seimbang sangat diperlukan. 

Perlu diingat, kebutuhan kalori, serta nutrisi lainnya harus dipenuhi selama diet. Jika berat badan kamu gak kunjung menurun, itu bisa jadi ada kebiasaan-kebiasaan yang salah sehingga menyebabkan lemak gak mau pergi. 

Ingin tahu apa saja penyebab berat badan tak kunjung turun saat diet? Cuss simak penjelasannya berikut ini, sebagaimana sudah HerStory kutip dari The Leaf, Selasa (5/9/2023). 

1. Melewatkan Makan

Demi mendapatkan penurunan badan yang cepat, terkadang seseorang sengaja untuk melewatkan waktu makan. Alih-alih mendapatkan berat badan ideal, kebiasaan ini justru bikin makin gemuk. 

Dalam studi 12 bulan, yang diterbitkan oleh Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, wanita pascamenopause kelebihan berat badan atau obesitas yang melewatkan makan mengalami penurunan berat badan 4,3% lebih rendah dibandingkan dengan mereka makan tepat waktu. 

Menurut ScienceDaily, penelitian dari University of Eastern Finland juga menemukan, orang yang melewatkan waktu makan utama lebih mungkin memiliki kelebihan lemak tubuh dan peningkatan risiko kardiometabolik. 

Piedmont Healthcare menjelaskan, melewatkan makan dapat mengubah kadar gula darah dan menurunkan metabolisme. Pada akhirnya, tubuh memiliki kemampuan yang buruk dalam pencerna makanan. 

2. Melupakan Protein dan Serat

Seperti dijelaskan sebelumnya, mengurangi porsi makan saja tak cukup membantu kamu mendapatkan berat badan ideal. Adapun yang perlu diperhatikan keseimbangan nutrisi, termasuk protein dan serat. 

Semakin banyak protein dan serat, semakin baik. Protein dan serat dapat membantu meminimalkan adaptasi metabolisme. 

Protein yang dikonsumsi bersamaan dengan serat memberi rasa kenyang memuaskan. Selain membantu menurunkan berat badan, protein dan serat dapat mengisi sel-sel tubuh dengan nutrisi tepat. 

Baca Juga: Gak Harus Cape-cape Olahraga Berat, Begini Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif, Cobain Yuk Beauty

Baca Juga: Aman untuk Penderita Gerd, Ini 5 Susu Penggemuk Terbaik Tangani Masalah Berat Badan, Cuss Langsung Coba!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani

Artikel Pilihan