Menu

Mitos atau Fakta, Makin Tua Makin Susah Nurunin Berat Badan, Yuk Cari Tahu Jawabannya di Sini Moms!

06 September 2023 13:12 WIB
Mitos atau Fakta, Makin Tua Makin Susah Nurunin Berat Badan, Yuk Cari Tahu Jawabannya di Sini Moms!

Ilustrasi berat badan belum turun setelah melahirkan. (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Saat usia muda, mengurangi makan dan berolahraga mampu menurunkan berat badanm secara signifikan. Namun, seiring bertambahnya usia, berat badan semakin sulit turun meski sudah melakukan usaha yang maksimal.

Banyak faktor yang membuat penurunan berat badan lebih sulit dilakukan oleh orang tua. Dikutip dari Everyday Health, otot, hormon, metabolisme, dan sistem tubuh mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia. 

1. Kehilangan massa otot

Menurut National Institutes of Health (NIH), jumlah otot tanpa lemak orang dewasa mulai menurun 3 hingga 8 persen per dekade setelah usia 30 tahun.

Kondisi ini disebut dengan sarcopenia. Jika seseorang tidak aktif, massa otot tersebut akan semakin berkurang dan menyebabkan berat badan jadi lebih mudah bertambah. 

2. Metabolisme melambat

Penurunan massa otot dapat memperlambat metabolisme seseorang. Metabolisme yang melambat membuat pembakaran kalori menjadi lebih sulit. 

3. Perubahan hormon

Dikutip dari The New York Times, penurunan kadar hormon estrogen dan testosteron, yang biasanya dimulai sekitar awal 50-an juga memberikan efek pada berat badan. 

4. Adanya perubahan gaya hidup

Seiring dengan bertambahnya usia, gaya hidup seseorang pun bisa berubah. Salah satu perubahan terbesar datang ketika seseorang memulai sebuah keluarga.

Keadaan ini membuat fokus pada diri sendiri berkurang sehingga seseorang lupa untuk mengurus dirinya dengan berolahraga dan makan makanan sehat. Berat badan yang berlebih bisa meningkatkan faktor berbagai penyakit. Pastikan agar kamu memiliki berat badan yang ideal untuk menjaga kesehatan. 

Baca Juga: Gak Harus Cape-cape Olahraga Berat, Begini Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif, Cobain Yuk Beauty

Baca Juga: Aman untuk Penderita Gerd, Ini 5 Susu Penggemuk Terbaik Tangani Masalah Berat Badan, Cuss Langsung Coba!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah