Menu

4 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh agar Terhindar dari Osteoporosis, Bukan Cuma Vitamin D!

20 Oktober 2023 17:15 WIB
4 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh agar Terhindar dari Osteoporosis, Bukan Cuma Vitamin D!

Ilustrasi osteoporosis. (Freepik/sompong_tom)

HerStory, Jakarta —

Kondisi osteoporosis atau pengeroposan tulang merupakan kondisi degeneratif sehingga bisa membuat kepadatan tulang menjadi berkurang karena mengeropis sehingga kekuatan tulang pun menjadi lemah. Osteoporosis sendiri terjadi karena menurunnya kualitas tulang akibat beberapa faktor, seperti usia. Kekurangan nutrisi bisa berdampak pada kesehatan tulang dan membuatnya mengalami pengeroposan lebih cepat, sehingga tulang menjadi lebih rentan untuk mengalami osteoporosis saat tua nanti.

Tapi selama tumbuh dewasa, kita biasa diberi susu sebagai salah satu minuman yang kaya akan kalsium karena diketahui dapat menjaga serta memastikan pertumbuhan tulang tumbuh dengan baik. Tapi yang banyak tidak orang tahu, tulang tidak hanya mengandalkan kalsium untuk bisa tetap terjaga kesehatannya.

Menjaga kesehatan tulang tidak hanya melalui kalsium saja, menurut keterangan resmi yang diterima oleh Herstory dari dr. Jamot Silitonga, Sp.OT (K) Hip & Knee yang merupakan Konsultan Sendi Lutut dan Panggul Eka Hospital BSD, berikut beberapa kandungan yang juga dibutuhkan tulang untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap terjaga:

1. Vitamin D

Vitamin D dan kalsium merupakan bagaikan sebuah pasangan yang tidak dapat dipisah. Ini dikarenakan untuk dapat menyerap dengan maksimal. Kalsium membutuhkan asupan vitamin D yang cukup sehingga tubuh dapat menyerap kalsium yang kita dapatkan dari makanan dengan optimal. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 600-800 IU/hari.

Salah satu sumber vitamin D terbesar yang bisa kalian dapatkan berasal dari sinar matahari. Oleh karena itu, berjemur selama setidaknya 10-15 menit. Anda juga bisa melengkapi kebutuhan vitamin D dari pil vitamin D atau dari makanan seperti ikan, kuning telur, hingga jamur maitake.

2. Magnesium

Selain kalsium, magnesium juga memiliki manfaat yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Magnesium merupakan salah satu zat mineral yang juga berperan penting dalam kesehatan tubuh kita, salah satunya yaitu tulang. 

Sekitar 60% zat magnesium dalam tubuh kita ditemukan di dalam tulang, sehingga magnesium juga berperan dalam membentuk kekuatan tulang. Pria dewasa membutuhkan magnesium 400mg, sedangkan pada wanita dewasa sekitar 310mg. Zat magnesium bisa ditemukan dalam makanan seperti pisang, dark chocolate, kacang-kacangan, dan sayur bayam.

3. Vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin yang juga berperan dalam menjaga tulang tetap kuat, serta mempercepat penyembuhan tulang yang mengalami kerusakan seperti retak hingga patah. Untuk setiap kilogram berat badan orang dewasa, dibutuhkan sekitar 0.001 mg vitamin K, maka bila Anda orang dewasa dengan berat badan 50 kg, maka kebutuhan vitamin K Anda sebesar 0,050mg setiap hari.

Baca Juga: Penderita Osteoporosis Jangan Asal Makan Ya, Ini Deretan Makanan yang Bikin Gejalanya Tambah Buruk!

Baca Juga: Biar Gak Osteporosis di Masa Tua, Ini 9 Langkah untuk Mencegahnya, Wajib Dilakukan Sejak Dini!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan