Menu

Lagi Depresi? Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

13 Januari 2020 12:00 WIB
Lagi Depresi? Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Mengonsumsi makanan sehat. (unsplash/Louis Hansel)

HerStory, Jakarta —

Banyaknya aktivitas dapat memengaruhi kesehatan manusia. Bukan hanya fisik, tetapi juga kesehatan mental. Dianggap tidak begitu penting, orang zaman sekarang banyak yang mudah terjangkit depresi. Namun hal itu bisa dicegah dengan mengonsumsi 6 jenis makanan ini, apa saja?

1. Susu


Susu adalah sumber vitamin D. Jika kamu memiliki tingkat nutrisi yang sangat rendah dalam tubu, kadang-kadang dapat menyebabkan depresi. Studi di Norwegia menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D mengurangis risiko daripada yang tidak mengonsumsinya. Tidak suka susu? Tingkatkan vitamin D dalam makananmu dengan sereal, jus dan ikan kaleng.

2. Ayam Kalkun

Hewan yang ikonik dari momen Thanksgiving tradisional ini mengandung tryptophan pembangun protein yang digunakan tubuh untuk membuat serotonin. Serotinin adalah zat kimia yang berasal dari otak berperan penting dalam depresi. Bahkan, beberapa obat antidepresan bekerja dengan menargetkan cara otak menggunakan serotonin. Konsumsi ayam kalkun untuk meningkatan mood.

3. Wortel

Sayuran ini kandungannya kaya dengan beta-karoten, yang juga bisa kamu dapatkan dari labu, bayam, kentang manis, dan blewah. Penelitian telah menghubungkan nutrisi dalam wortel ini memengaruhi tingkat depresi yang lebih rendah. Tidak ada cukup bukti untuk mengatakan bahwa itu dapat mencegahnya, tetapi tidak ada salahnya untuk mendapatkan mengonsumsi wortel.

Baca Juga: Ingin Punya Kuli Cantik dan Sehat? Rajin-Rajin Deh Minum Jus Wortel!

4. Kopi


Kafein dalam kopi bisa menjadi pemicu yang membantu kamu merasa lebih termotivasi. Tetapi jika kamu memiliki depresi pascapersalinan atau gangguan panik, beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu akan membuat depresimu lebih buruk. Peneliti lain mengatakan secangkir kopi dapat menurunkan risiko terkena depresi.

5. Sayuran Hijau

Sayuran dengan daun yang hijau mengandung folat yang melindung sel-sel otak untuk bekerja dengan baik. Selain itu juga dapat menghambat seseorang menjadi depresi.

6. Ikan salmon

Salmon kaya akan lemak tak jenuh ganda. Para peneliti mengungkapkan bahwa itu dapat membantu kamu melawan depresi. Salah satu jenis lemak ini, yang disebut asam lemak omega-3 dapat membantu sel otak menggunakan bahan kimia yang dapat memengaruhi suasana hatimu. Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa orang yang tidak mengalami depresi memiliki tingkat omega-3 yang lebih tinggi daripada mereka yang mengalami gangguan mood.

Baca Juga: Hindari 5 Makanan Ini saat Makan Siang, Bikin Ngantuk!

Baca Juga: Beauty, 5 Makanan Ini Gak Boleh Dimakan! Bisa Meninggal, Waduhhh...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana