Menu

Optimalkan Karya Jurnalistik Lewat Platfrom Digital

26 Februari 2021 19:50 WIB
Optimalkan Karya Jurnalistik Lewat Platfrom Digital

Tokepedia Virtual Media Workshop Bersama Danang Andrian (Press Relase/Tokopedia)

HerStory, Jakarta —

Tokopedia hadirkan Danang Arradian sebagai Jurnalis dan Konten Kreator serta Ekhel Chandra Wijaya sebagai External Communication Senior Lead Tokopedia dalam acara Virtual Media Workshop Tokopedia dengan tema Bagaimana Jurnalis Memaksimalkan Konten di Platfrom Digital (26/02/2021).

Sudah banyak platfrom digital yang mulai bermunculan di masyarakat. Setelah booming dengan Instagram dan YouTube, kini muncul platform baru clubhouse yang hanya bisa diakses oleh pengguna iPhone saja. Dengan adanya berbagai platform, Tokopedia mengajak seluruh jurnalis untuk mengoptimalkan konten melalui berbagai platform digital.

Berbagai platform digital yang ada di Indonesia, justru harus dimanfaatkan sebagai ruang untuk berkarya. Dengan terus berkarya akan banyak manfaat yang didapatkan. Jika terus konsisten dalam berkarya, maka personal branding pun akan berhasil dan dunia akan tahu siapa kamu.

“Berkaryalah hingga kamu di-notice,” petuah dari Danang.

Semua konten karya jurnalistik memang berawal dari sebuah tulisan atau story telling. Tetapi gak memungkinkan untuk meluncurkan karya jurnalistik kedalam platform lainnya yang berbentuk gambar dan suara seperti video. Karena setiap platform memiliki karekternya masing-masing.

“Beda platform tentu berbeda karakter konten dan audiensnya. Maka sangat penting untuk mengetahui cara membuat konten yang sesuai pada masing-masing platform,” ujar Danang.

Ekhel juga menambahkan bahwa menjadi relevan adalah kunci beradaptasi di era digital. Sangat penting mengetahui cara membuat konten yang sesuai untuk masing-masing platform agar tetap diminati.

Oleh karena itu personal branding sangat perlu di era digital seperti sekarang ini. Agar personal branding kamu bagus, diperlukan sebuah konsisten dalam berkarya membuat konten. Kamu bisa membuat konten dengan bereksperimen pada suatu hal atau kegiatan yang kamu sukai.

Menjadi jurnalis di era digital memang memiliki tantangan tersendiri. Jurnalis harus berperang melawan hoax, rumor, meme, misinformasi dan disinformasi yang ada di masyarakat.

Danang juga menyarankan bahwa jurnalis zaman now harus aktif di media sosial. Selain itu, memiliki pemahaman mendalam terhadap suatu topik atau aspek, berpikiran terbuka dan cepat beradaptasi dengan tren.

Gak Cuma sampai situ saja, Danang juga menambahkan bahwa jurnalis sekarang harus bisa memahami semua aspek. Seperti memahami tulisan, foto, video, dan SEO. Disamping itu, melakukan kolaborasi dan networking pun sangat perlu bagi jurnalis.

Baca Juga: Tokopedia dan TikTok Lewat Shop | Tokopedia Rekap Tren Belanja Online Masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2024

Baca Juga: Konsisten Kembangkan Bisnis Ramah Lingkungan, Tokopedia Bagikan Kisah Inspiratif 'Kartini Jaga Bumi' dari 2 Pelaku Usaha Wanita Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Rifani Indrianti