Menu

12 Rekomendasi Rempah yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Cocok di Konsumsi Saat Musim Pancaroba, Nomor 4 Khasiatnya Melimpah!

26 Oktober 2023 19:55 WIB
12 Rekomendasi Rempah yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Cocok di Konsumsi Saat Musim Pancaroba, Nomor 4 Khasiatnya Melimpah!

Ilustrasi Bumbu Rempah (Pixabay/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms berhati-hatilah ketika musim pancaroba, karena di momen ini tubuh gampang terserang virus dan bakteri hingga akhirnya sakit. Usut punya usut, hal ini karena adanya penurunan daya tahan tubuh karena perubahan cuaca panas dan dingin yang sangat singkat.

Nah, untuk meningkatkan imunitas, rempah dan tanaman alami ini cukup manjur meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengutip sindikasi konten Fajar.co.id, berikut rempah dan tanaman alami yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit:

1. Kunyit

Sering digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit yang juga dikenal dengan nama turmeric ini sering digunakan sebagai bahan obat herbal. Rempah yang memiliki bahan aktif curcumin ini memiliki khasiat anti inflamasi.

Kunyit juga memiliki keistimewaan dapat melawan radikal bebas dan menghambat perkembangan sel tumor. Dalam pengobatan Ayurveda, pemanfaatan kunyit untuk mengobati gangguan saluran pencernaan sampai masalah kulit.

2. Buah Pala

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah pala cukup tinggi. Buah pala merupakan jenis buah-buahan dan juga rempah yang kerap diolah sebagai manisan buah atau tambahan olahan makanan.

Khasiat buah pala antara lain dapat mengatasi insomnia, mengendalikan tekanan darah, dan menjaga kesehatan kulit. Bahan alami ini ampuh meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan penyakit respirasi yang aman digunakan pada anak-anak.

3. Kayu Manis

Aroma kayu manis sangat khas, sehingga rempah ini sering digunakan sebagai bahan bumbu masakan. Kandungan kayu manis yang juga dikenal dengan nama cinnamon ini antara lain, kayak magnesium, zat besi, dan potasium.

Banyak yang menggunakannya dalam bentuk rebusan kayu manis. Khasiat rebusan kayu manis antara lain dapat menstabilkan gula darah dan membantu diet untuk menurunkan berat badan.

4. Jahe

Jahe memiliki khasiat antibakteri dan antimikroba untuk membantu tubuh melawan infeksi dan virus seperti flu dan batuk. Konsumsi jahe secara rutin juga berkhasiat melawan efek penuaan dan meningkatkan aktivitas otak.

Baca Juga: Bikin PakSu Nyengir, Ini Resep Udon Saus Telur Asin ala Jepang dengan Bumbu Lokal, Ternyata Mudah Banget Moms!

Baca Juga: Tips Menyimpan Rempah agar Tak Mudah Jamuran, Cuss Praktekin!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Artikel Pilihan