Menu

Bisa Dilakukan Sendiri, Ini Cara Melakukan Sadari untuk Deteksi Dini Kanker Payudara, Yuk Rutin Lakukan Beauty!

27 Oktober 2023 21:50 WIB
Bisa Dilakukan Sendiri, Ini Cara Melakukan Sadari untuk Deteksi Dini Kanker Payudara, Yuk Rutin Lakukan Beauty!

Lambang kesadaran kanker payudara (Unsplash/Angiola Harry)

HerStory, Jakarta —

Beauty berhati-hatilah terhadap kanker payudara karena biasanya menyerang para wanita. Menurut dr. Riska Larasati di laman Alodokter, seseorang yang mengalami kanker payudara itu di tubuhnya terutama di area payudara terjadi pertumbuhan tak terkendali dari sel kanker.

"Adanya pertumbuhan sel kanker dapat menyebabkan munculnya benjolan pada payudara," jelas dr. Riska dikutip Herstory, Jumat (10/27/2023).

Meski belum diketahui secara pasti penyebab kanker payudara, tapi beberapa kondisi dan kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko seorang wanita terkena kanker payudara.

"Penyebab pasti kanker tidak diketahui namun faktor seperti usia melahirkan, kemudian makanan karsinogenik, genetik, merokok, paparan radiasi dan sebagainya dapat berpengaruh terhadap munculnya kanker," lanjut dr. Riska.

Di sisi lain, Moms pun harus berhati-hati karena, di stadium awal, biasanya kanker payudara tak terdeteksi dan tak bergejala, nah, jika muncul benjolan biasanya stadium kanker sudah lanjut.

"Untuk mendeteksi kanker payudara perlu pemeriksaan deteksi seperti mammografi dan juga pemeriksaan radiologi. Dari pemeriksaan tersebut akan didapatkan diagnosis dan penanganan yang akan dilakukan," jelas dr. Riska lagi.

Sementara itu, agar kanker payudara bisa dideteksi sejak awal, Beauty perlu rutin melakukan SADARI, yaitu pemeriksaan payudara sendiri.

"Waktu terbaik dilakukan pemeriksaan yaitu pada satu minggu setelah menstruasi berakhir. Hal ini dikarenakan saat menstruasi dapat menyebabkan perubahan salah satunya dari payudara."

Untuk caranya sendiri, bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu di depan cermin, saat mandi, maupun berbaring. Dokter Riska pun menjelaskan caranya berikut ini.

1. Depan cermin

Kamu bisa berdiri dan membuka pakaian dari pinggang ke atas di depan cermin. Lalu perhatikan payudara, apakah ukurannya sama. Selain perhatikan bentuk, ukuran, permukaan, warna kulit, dan puting payudara.

Setelah itu letakan tangan di pinggang dan perhatikan payudara. Kamu harus membungkuk dan meraba payudara. Setelah itu periksalah apakah ada cairan yang keluar dari puting.

Baca Juga: Waspada Beauty, Ini 4 Ciri Kanker Payudara Stadium Awal, Yuk Periksa Sejak Dini!

Baca Juga: 4 Pola Makan yang Harus Diterapkan Pengidap Kanker Payudara, Penting Banget untuk Menghindari Konsumsi Makanan Ultra Proses!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan