Menu

Kandungan Gizinya Berlimpah, Yuk Simak 7 Jenis Ikan yang Baik untuk Si Kecil, Bisa Jadi Bahan Utama MPASI Nih Moms!

30 Oktober 2023 16:05 WIB
Kandungan Gizinya Berlimpah, Yuk Simak 7 Jenis Ikan yang Baik untuk Si Kecil, Bisa Jadi Bahan Utama MPASI Nih Moms!

Ilustrasi ikan (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms pasti tahu jikan ikan memiliki kandungan protein yang tinggi.  Selain itu, nutrisinya juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sehingga ada beberapa ikan yang baik untuk bayi, apa saja ya? 

Ikan yang baik untuk bayi

Dikutip dari sindikasi theAsianparent.com, menurut Menteri Kesehatan RI, Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K), yang disampaikan oleh Plt. Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, dr. Pattiselano Robert Johan, MARS, sebenarnya semua jenis ikan kaya akan sumber protein.

Misalnya saja ikan kembung yang harganya terjangkau, justru memiliki kandungan omega 3 sebanyak 1,5 kali lebih tinggi dari ikan salmon yang harganya justru lebih mahal.

Ikan yang baik untuk bayi juga termasuk ikan yang mengandung sedikit merkuri. AAP mengatakan, jenis-jenis ikan yang rendah merkuri termasuk tuna kaleng (bukan albacore, atau tuna “putih”, yang lebih tinggi dalam merkuri), salmon, cod, lele, flatfish, dan pollock, aman dikonsumsi untuk bayi.

Untuk menjaga kadar merkuri tetap rendah, AAP mengingatkan para orangtua untuk membatasi jumlah makan ikan untuk bayi kurang dari 12 ons per minggu.

7 Jenis ikan yang bisa Parents pilih

1. Kembung

Nyatanya, ikan kembung menjadi salah satu pilihan ikan lokal yang direkomendasikan untuk MPASI si kecil. Selain mengandung banyak DHA dan omega-3, ikan kembung juga mengandung vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan si kecil. Mulai dari vitamin B12., vitamin D, termasuk kandungan fosfor yang tinggi. Dan tahukah Parents bahwa kandungan omega-3 ikan justru lebih tinggi dibandingkan ikan salmon?

2. Gabus

Siapa sangka kalau ikan gabus juga baik untuk MPASI si kecil. Namun penting untuk dicatat, ikan gabus ini dipilih tentu saja ikan yang masih fresh. Faktanya, ikan ini mengandung protein album tertinggi dibandingkan sumber protein albumin yang ada pada ikan-ikan lainnya.

3. Bandeng

Tahukah Parents jika ikan yang dikenal memiliki banyak duri ini mengandung protein, asam lemak omega-3, dan tidak mengandung karbohidrat? Selain itu, kandungan DHA-nya juga tinggi dan bermanfaat untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak si kecil

Baca Juga: Rendah Merkuri, Intip Yuk Manfaat Ikan Shisamo Kesukaan Rayyanza untuk Anak-anak

Baca Juga: Mengandung Omega 3, Moms Cari Tahu Yuk Manfaat Ikan Salmon Bagi Pertumbuhan Bayi, Sayang Banget Lho Buat Dilewatkan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: