Beauty, kamu sudah tahu kan kalau produk skincare yang mengandung vitamin C baik buat bibir dan dapat mengatasi jerawat? Adapun manfaat vitamin C lainnya yang baik bagi tubuh loh.

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang baik bagi tubuh. Vitamin C dapat menangkal radikal bebas sehingga bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit. Apa lagi di masa pandemi seperti sekarang ini, vitamin C wajib dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun.

Kebutuhan vitami C perhari ditentukan bedasarkan usia. Bedasrkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 28 tahun 2019 mengenai Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dianjurkan masyarakat Indonesia, kecakupan asupan vitamin C ditentukan bedasarkan usia dan jenis kelamin. Misalnya untuk laki-laki usia 16 – 80 tahun adalah 90mg perhari, sedangkan wanita sebesar 75mg perhari.

Seseorang yang sering mengonsumsi makanan gak sehat dan minuman keras, dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C. Hal ini sangat dianjurkan agar terhindar dari penyakit jantung, dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C dengan kadar 320-1,100 mg per hari.

Kekurangan vitamin C akan terjadi hipovitaminosis C dalam darah atau status kekurangan vitamin C. Kondisi ini menyebabkan berbagai gejala klinis terkait fungsi vitamin C sebagai anti-skorbut, anti-mikroba, anti peradangan, dan lainnya

Dilansir dari berbagai sumber (26/02/2021), berikut fakta seputar vitamin C yang baik bagi tubuh