Menu

Rekomendasi Olahraga untuk Lansia, Efeknya Bagus Banget untuk Kesehatan Jantung!

04 November 2023 08:45 WIB
Rekomendasi Olahraga untuk Lansia, Efeknya Bagus Banget untuk Kesehatan Jantung!

Ilustrasi lansia tetap sehat di usai tua (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kesehatan jantung memang harus selalu diperhatikan, hal itu karena jantung merupakan organ vital yang perannya sangat penting untuk tubuh.

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter, jantung memiliki peran untuk mendistribusikan darah yang mengandung oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. 

Namun sayang, jantung pun rentan memiliki permasalahan. Selama ini banyak sekali orang yang memiliki permasalah dengan kesehatan jantung, mulai dari penyakit jantung koroner, infeksi katup jantung, kelainan irama jantung, gagal jantung dan sebagainya.

"Sangat berisiko mematikan jika terlambat ditangani," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Sabtu (11/4/2023).

Nah, ternyata menurut dr. Nadia menyebutkan kelainan pada jantung itu akan bertambah seiring bertambahnya usia. Berkaitan dengan itu para lansia pun wajib banget menjaga kesehatannya.

Salah satu langkah untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat, yaitu dengan berolahraga. Meski demikian karena umurnya yang sudah tak muda lagi sehingga harus diperhatikan jenis olahraganya.

Dokter Nadia pun memberikan rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan para lansia agar kesehatan jantungnya tak bermasalah.

1. Olahraga rutin

Meskipun sudah lansia, olahraga tetap harus dilakukan. Tapi dengan catatan intensitasnya harus diturunkan, yaitu sekitar 30 sampai 60 menit dalam 2 sampai 4 hari. Nah, setelah terbiasa intensitas olahraga dan durasinya bisa dinaikan secara bertahap. Tapi harus memerhatikan kemampuan.

2. Olahraga kardio

Karena para lansia tak disarankan untuk melakukan olahraga yang berat, sehingga kardio bisa jadi pilihan. Selain itu olahraga ringan, seperti berjalan cepat, senam, renang, aerobik, dan bersepeda bisa jadi pilihan.

3. Hindari olahraga yang sebabkan tekanan di kaki

Ada beberapa olahraga yang wajib dihindari para lansia agar tak membuat masalah untuk kakinya. Olahraga yang harus dihindari itu yang menyebabkan tekanan berlebihan di sekitar lutut dan kaki, misalnya jogging, berlari, lompat tali, naik turun tangga.

4. Olahraga agar berat badan ideal

Meski sudah lansia, berat badan pun harus tetap dijaga agar ideal. Hindari kegemukan karena bisa memicu berbagai macam penyakit.

Nah itulah beberapa rekomendasi olahraga untuk lansia.

Baca Juga: Terus Berinovasi, Brawijaya Hospital Saharjo Lahirkan BraveHeart Center, Makin Konsisten Tawarkan Layanan Penuh Komitmen!

Baca Juga: Gak Cuma Baik untuk Kesehatan Jantung, Ini 3 Manfaat Konsumsi Buah Alpukat yang Mujarab untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan