Menu

Duh, Ternyata Ini 10 Makanan yang Bisa Picu Kolesterol Tinggi, Jangan Berlebihan saat Konsumsinya ya Beauty!

07 November 2023 23:10 WIB
Duh, Ternyata Ini 10 Makanan yang Bisa Picu Kolesterol Tinggi, Jangan Berlebihan saat Konsumsinya ya Beauty!

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty kamu pasti paham jika seseorang menderita kolesterol yang tinggi maka sebaiknya segera mengatur pola makannya agar lebih segar. 

Hal ini karena banyak makanan tak sehat yang bisa picu kolesterol dalam tubuh semakin meningkat.

Bukan hanya untuk penderita kolesterol, namun bagi yang memiliki riwayat penyakit jantung, stroke dan diabetes juga disarankan agar mengurangi makanan penyebab kolesterol. Konsumsi makanan dengan kandungan kolesterol hanya diperbolehkan dalam jumlah tidak lebih dari 200 miligram per hari.

Kolesterol merupakan komponen lemak yang memiliki peran penting sebagai menjaga sel dan jaringan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Namun tetap saja harus memperhatikan jumlahnya yang tidak boleh melebihi batas normal kolesterol dalam tubuh manusia.

Seperti dari sindikasi Akurat.co berikut deretan makanan penyebab kolesterol tinggi yang perlu dihindari sebagai makanan sehari-hari.

1. Es krim

Es krim merupakan salah satu makanan penutup yang manis namun cukup ringan untuk dimakan. Faktanya, es krim mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan satu burger dan donat. Lebih baik memilih buah sebagai hidangan penutup karena dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Makanan cepat saji

Makanan penyebab kolesterol yang sering dimakan adalah burger, pizza atau makanan cepat saji lainnya. Terutama para remaja sekarang yang dominan memilih makanan cepat saji dengan tambahan minuman soda.

Makanan cepat saji memiliki kandungan 85-180 miligram kolesterol dalam satu porsinya. Dengan kadar kolesterolnya yang tinggi, sebaiknya jangan konsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang banyak.

3. Jeroan

Jeroan merupakan sebutan makanan dari bagian isi perut hewan, seperti usus, babat atau otak. Bagian tersebut mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan dengan bagian dagingnya. Untuk kamu yang punya kolesterol, wajib menghindari jeroan sebagai makanan penyebab kolesterol tinggi.

4. Olahan keju dan susu

Keju dan susu dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan lemak serta kolesterol tinggi. Sebenarnya kamu bisa mengonsumsi keju dan susu jika memilihnya yang rendah lemak.

5. Telur

Makanan penyebab kolesterol tinggi selanjutnya adalah telur. Meskipun telur mengandung protein tinggi, tetap saja tidak boleh mengonsumsinya setiap hari. Sebagai penderita kolesterol, disarankan memakan telur dalam jumlah empat sampai enam butir dalam seminggu.

6. Daging bebek

Daging bebek lebih berbahaya dikonsumsi dibandingkan dengan daging ayam. Umumnya, bebek mengandung 80 miligram kolesterol dalam 100 gram daging bebek. Dengan mengonsumsi daging bebek, maka kadar kolesterol dalam tubuh akan meningkat.

7. Makanan laut

Tidak semua makanan laut berbahaya untuk dikonsumsi. Lobster merupakan salah satu makanan laut yang menjadi makanan penyebab kolesterol tinggi. Untuk mengurangi kolesterol cobalah konsumsi ikan atau makanan laut yang direbus dan dikukus.

Baca Juga: Kolesterol Kumat karena Kebanyakan Makan daging Saat Lebaran? Ini Lho 4 Hal yang Harus Dilakukan Beauty!

Baca Juga: Bisa Turunkan Kadar Kolesterol, Ini 3 Resep Sayur yang Aman Dikonsumsi Sehari-hari, Moms Wajib Coba!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan