Menu

Rekomendasi Jus Buah yang Ampuh Bikin Kolesterol Ambrol, Semuanya Terasa Segar Beauty!

22 November 2023 20:07 WIB
Rekomendasi Jus Buah yang Ampuh Bikin Kolesterol Ambrol, Semuanya Terasa Segar Beauty!

Ilustrasi wanita sakit kolesterol tinggi. (HerStory/Wafi)

HerStory, Jakarta —

Beauty dalam kehidupan sehari-hari, kadar kolesterol harus dikontrol karena jika terlalu tinggi bisa sebabkan bahaya.

Fyi nih Beauty, lemak kolesterol yang normal dalam tubuh berkisar antara 250 hingga 300 mg. Jika berlebihan, kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. 

Tidak dapat dipungkiri, jika makan makanan tak sehat ada kemungkinan kadar kolesterol meningkat. Kemudian bagaimana caranya supaya kita dapat bebas makan tanpa takut kolesterol tinggi? Terdapat beberapa jus yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Dikutip dari sindikasi Akurat.co, berikut deretan jus yang dapat menurunkan kolesterol.

Rekomendasi jus untuk turunkan kolesterol

1. Buah bit

Buah bit dapat membantu untuk menurunkan tingginya kolesterol dalam tubuh.

Dalam buah bit mengandung senyawa batae-yanin yang mampu menurunkan proses oksidasi kolesterol jahat-LDL agar terhindar dari penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah. Jus buah bit ini bisa diminum sebanyak dua kali sehari supaya badan sehat.

2. Jus jeruk

Buah jeruk mengandung banyak vitamin C yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Kandungan pektin di dalamnya juga mampu membantu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL.

Flavonoid akan membantu menekan reaksi oksidasi LDL yang memicu pengentalan darah dan mencegah pengendapan lemak dinding pembuluh darah. Namun jus ini tidak direkomendasikan bagi penderita diabetes karena kandungan gulanya.

Asam pada jeruk juga sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung.

3. Jus pepaya

Buah pepaya yang mempunyai kandungan pektin dapat menurunkan LDL dalam tubuh. Selain itu kandungan vitamin C, beta karoten dan asam folat juga berfungsi sebagai antioksidan. 

Jika kita rutin minum jus buah ini, kandungan senyawa papain, papayotimin dan kemopapinnya bantu tingkatkan empedu. Hasilnya, metabolisme lemak jadi lebih meningkat.

4. Jus nanas

Kolesterol akibat kebanyakan mengonsumsi daging bisa diatasi dengan minum jus nanas. Jus nanas mengandung enzim bromelin yang dapat menurunkan kolesterol dan dapat mencegah aterosklerois.

Baca Juga: Kolesterol dalam Tubuh Sedang Tinggi Beauty? Kamu Harus Tahu Nih Cara Mengatasinya, Penting Banget untuk Atur Pola Makan!

Baca Juga: Bukan Cuma Terapkan Gaya Hidup Sehat, 4 Langkah Ini Wajib Dilakukan Bauty Biar Gak Kena Kolesterol!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.