Menu

Pola Makan untuk Penderita Asam Urat, Pantangan Makannya Jangan Dilanggar Moms!

24 November 2023 19:08 WIB
Pola Makan untuk Penderita Asam Urat, Pantangan Makannya Jangan Dilanggar Moms!

Ilustrasi kaki kesemutan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty apakah kamu menderita asam urat? Jika iya, hati-hati dengan kondisi asam urat yang tinggi atau hiperurisemia, maka dari itu kamu perlu untuk mengatur pola makan dengan baik agar terhindar dari gejala yang berbahaya.

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter, penderita asam urat tinggi rentan sekaliĀ  terkena komplikasi yang berbahaya.

"Seperti radang sendi (gout) atau batu ginjal (nefrolitiasis)," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Jumat (11/24/2023).

Agar terhindar dari komplikasi tersebut, sebaiknya jaga pola makan dengan baik. Dokter Nadia Nurotul Fuadah menyarankan terkait pola makan sehat untuk penderita asam urat, seperti berikut ini.

1. Makanan yang harus dihindari

Beauty, jika kamu menderita asam urat sebaiknya menjauhi makanan tinggi purin, seperti jeroan, daging merah, entah daging sapi, kambing, babi, maupun kalkun. Lalu ikan laut, seperti sarden, cod, tuna, mackerel, teri, herring. Kemudian hewan bercangkang, seperti kerang, kepiting, dan udang.

2. Tak berlebihan dalam makan

Ada beberapa makanan yang boleh dikonsumsi penderita asam urat, tapi sebaiknya dibatasi, makanan tersebut itu yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, kentang, roti, dan pasta. Lalu yang mengandung lemak baik, seperti alpukat, minyak zaitun, dan minyak kelapa.

Baca Juga: Makanan Laut hingga Daging Merah Sebaiknya Dihindari, Ini Lho Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Urat!

Baca Juga: Eits, Jangan Ngeyel Moms! Ini 3 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat, Bahaya Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah