Menu

Telusuri Lebih Jauh Soal BPA, Para Ahli Bahas Isu Kemasan yang Jadi Keresahan Para Ibu Rumah Tangga

06 Desember 2023 21:25 WIB
Telusuri Lebih Jauh Soal BPA, Para Ahli Bahas Isu Kemasan yang Jadi Keresahan Para Ibu Rumah Tangga

BPA Session Talk (Press Release)

HerStory, Jakarta —

Beberapa waktu terakhir isu terkait Bisphenol A (baca : BPA) berkelindan/beredar dibanyak lini masa media sosial seperti tiktok, instagram dll. Informasi yang disampaikan cenderung tak bertanggungjawab dan membuat bias informasi bagi masyarakat luas.

BPA sendiri adalah zat kimia dasar yang tak terlepas dari keseharian kita baik itu barang pakai maupun konsumsi produk makanan dan minuman lho Moms. Salah satu jenis plastik yang umum digunakan adalah plastik polikarbonat dan resin epoksi. 

Produk-produk berbasis BPA terdiri atas sumber makanan (Dietary Sources) dan sumber bukan makanan (Non dietary Sources) seperti : botol plastik, botol bayi, mainan anak, kemasan air minum, tempat makan, lensa kacamata, pelapis makanan kalengan, disket CD, perangkat otomotif, perlengkapan sport dan juga beberapa peralatan medis.

Bahan utama pembuatan plastik polikarbonat adalah senyawa Bisphenol A (BPA). Isu yang beredar menyatakan bahwa ada kaitan antara BPA dengan beberapa penyakit di antaranya adalah: gangguan hormonal, obesitas dan kardiovaskuler, kanker, gangguan perkembangan dan syaraf anak, infertilitas serta kelahiran prematur. Padahal setelah ditelusuri secara literatur antara isu seperti yang disampaikan diatas dan fakta studi yang ada belum dapat dipastikan hubungan kausalitasnya.

Untuk itu Anguis Institute for Health Education Bersama Lembaga Riset Ikatan Dokter Indonesia (LR-IDI) mengadakan Diskusi BPA Session dengan tema “HowtoUnderstand BPA Information Correctly” Rabu (6/12/2023). Menurut panelis Pakar Polimer ITB, Ir. Akhmad Zainal Abidin, M.Sc, PhD, reaksi dari bahan beracun seperti BPA dan Phosgene setelah di proses menjadi polikarbonat adalah senyawa yang aman karena merupakan polimer, sifat kimianya berubah, tak seperti komponen penyusunnya serta aman dan cenderung tak reaktif.

Baca Juga: Gak Sembarang, Dokter Anak Ungkap Durasi Menyusui Ideal Ibu dan Bayi Secara Langsung, Berapa Lama Sih?

Baca Juga: Inspiratif! Dua Ibu Rumah Tangga Ini Raup Penghasilan Tambahan Tanpa Modal lewat Tokopedia Affiliate

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza