Menu

Deretan Makanan dan Minuman yang Bisa Lancarkan Haid, Tinggi Antioksidan Moms!

08 Desember 2023 17:30 WIB
Deretan Makanan dan Minuman yang Bisa Lancarkan Haid, Tinggi Antioksidan Moms!

Ilustrasi darah menstruasi sedikit (Pexel/Cottonbro)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu sering mengalami menstruasi yang tak lancar? Usut punya usut menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter, ternyata menstruasi yang gak lancar itu bisa disebabkan oleh hormon reproduksi yang terganggu.

Nah, menurut dr. Nadia, salah satu hal yang bisa mengatasi menstruasi yang tak lancar adalah mengembalikan keseimbangan hormon dengan cara konsumsi variasi bahan pangan tinggi antioksidan.

Salah satunya adalah teh hijau karena mengandung antioksidan polifenol. Selain itu, ada juga bahan pangan lain, mulai dari buah-buahan, sayuran mayur, biji-bijian utuh, dan lainnya.

". Hanya saja, perlu dipahami, bahwa tidak semua orang cocok mengkonsumsi teh hijau, terlebih dalam jangka panjang. Sebab, berlebihan mengkonsumsi teh hijau bisa juga memicu efek samping, misalnya gangguan tidur, jantung berdebar, peningkatan asam lambung, mual, diare, dan sebagainya. Jadi, baiknya konsumsilah sewajarnya diimbangi juga dengan variasi bahan pangan lain seperti yang telah kami sebutkan di atas ya," saran dr. Nadia.

Di sisi lain, dr. Nadia pun menjelaskan jika bukan cuma ketidakseimbangan hormon yang membuat menstruasi tak lancar, ada beberapa faktor lain, mulai dari gaya hidup hingga penyakit.

"Ada beragam faktor lain yang juga bisa membuat menstruasi menjadi tidak lancar, contohnya stres, pola hidup tidak sehat, kegemukan, diet ekstrim, pengaruh obat, bahkan penyakit tertentu, misalnya kista ovarium, gangguan kelenjar tiroid, adenoma hipofisis, dan sebagainya.

Baca Juga: Penyebab Haid Tak Lancar Saat Menyusui Anak, Jangan Dibawa Pusing Ya Moms, Simak Yuk Penjelasannya...

Baca Juga: 2 Alasan Utama Penyebab Menstruasi Tak Lancar, Bisa Jadi Ada Penyakit Berbahaya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.