Menu

Jangan Pernah Sepelekan Kesehatan Mental Ibu Hamil Dads! Tiati Bisa Ngaruh ke Janin Lho!

12 Desember 2023 23:05 WIB
Jangan Pernah Sepelekan Kesehatan Mental Ibu Hamil Dads! Tiati Bisa Ngaruh ke Janin Lho!

Ibu hamil sedang minum teh herbal (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tentu saja sudah banyak yang tahu kalau kondisi ibu hamil sangatlah rentan mengalami gangguan kesehatan mental terlebih karena adanya perubahan hormon, fisik, dan psikologis yang terjadi selama masa kehamilan hingga melahirkan. Benar gak Moms?

Bahkan, berdasarkan data WHO 2022, disebutkan bahwa 1 dari 5 wanita mengalami gangguan mental selama masa kehamilan hingga satu tahun setelah melahirkan lho Moms! Mereka membutuhkan dukungan yang besar dari orang-orang di sekitarnya. Pasalnya, kesehatan mental para ibu juga bisa b berdampak pada tumbuh kembang anak.

Isu kesehatan mental ibu menjadi sorotan penting bagi Halo Ibu. Menyambut perayaan Hari Ibu, komunitas pemberdayaan wanita  yang berfokus pada kesehatan mental wanita ini menyelenggarakan Festival Ibu yang mengangkat awareness kesehatan mental, khususnya bagi ibu pascapersalinan. 

"Dukungan psikis dan emosional tidak hanya dibutuhkan ibu selama menjalani kehamilannya. Setelah melahirkan pun, para ibu tetap membutuhkan sokongan dari orang-orang terdekat. Komunitas yang hadir untuk Ibu dan keluarganya. Selepas melahirkan, seorang ibu membutuhkan ruang untuk bercerita karena ada proses perubahan peran yang mereka alami. Setelah melahirkan dan tidak lagi hamil, adalah hal yang wajar jika ibu bersedih. Sebab ada yang hilang dari dirinya, Ia bukan perempuan yang sama," ungkap Ashtra Dymach, Founder Halo Ibu, dikutip dari laman sindikasi konten Suara.com.

Baca Juga: Tetap Jaga Berat Badan saat Berbadan Dua, Ini 5 Pola Diet yang Aman untuk Ibu Hamil! Moms Mau Coba Gak?

Baca Juga: Jangan Dulu Konsumsi Obat, Ini Cara Aman untuk Mengatasi Flu pada Moms Hamil, Terpenting Lakukan...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza