Menu

Bukan Cuma Terapkan Gaya Hidup Sehat, 4 Langkah Ini Wajib Dilakukan Bauty Biar Gak Kena Kolesterol!

26 Desember 2023 12:10 WIB
Bukan Cuma Terapkan Gaya Hidup Sehat, 4 Langkah Ini Wajib Dilakukan Bauty Biar Gak Kena Kolesterol!

Ilustrasi wanita sakit kolesterol tinggi. (HerStory/Wafi)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu harus berhati-hati saat kadar kolesterol tinggi, itu karena kolesterol tinggi kerap tak menimbulkan gejala sehingga bisa berakhir berbahaya secara tak disadari.

Menurut dr. Wirawan Hambali, Sp. P. D yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RS Pondok Indah – Puri Indah, para penderita kolesterol biasanya akan merasakan gejala saat sudah terjadi pembentukan plak di pembuluh arteri.

"Plak dapat mempersempit arteri sehingga hanya sedikit darah yang dapat melewatinya. Pembentukan plak mengubah susunan lapisan arteri. Saat terjadi pengendapan pada dinding arteri, terjadi penurunan aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya.

Berkaitan dengan itu, Beauty perlu berhati-hati karena kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko kamu terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian tertentu sehingga sebabkan stroke dan serangan jantung.

Cara mencegah kolesterol

Menurut sang dokter, ada beberapa cara pencegahan dan pengelolaan gangguan kolesterol agar tak membahayakan tubuh kamu. Cusss simak berikut ini:

1. Terapkan pola makan sehat

Menerapkan pola makan sehat dengan menghindari makanan tinggi lemak jenuh, kolesterol, makanan olahan, makanan dengan kadar garam dan kadar gula tinggi. Peningkatan aktivitas fisik juga dapat membantu mencegah dan mengelola gangguan kolesterol. Penting juga untuk menghindari alkohol dan menghentikan kebiasaan merokok

2.Konsumsi obat sesuai anjuran dokter

Jika perubahan gaya hidup tidak cukup efektif, dokter dapat meresepkan obat-obatan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Perlu diingat bahwa

penggunaan obat-obatan jenis statin dapat memberikan dampak pada kehamilan. Penggunaan obat statin pada wanita usia produktif, terkait dengan manfaat dan risiko yang dapat ditimbulkan, dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Baca Juga: Kolesterol dalam Tubuh Sedang Tinggi Beauty? Kamu Harus Tahu Nih Cara Mengatasinya, Penting Banget untuk Atur Pola Makan!

Baca Juga: Liburan Sudah Tiba, Jangan Cuma Asyik Nikmati Suasana, Kamu Harus Tetap Atur Pola Makan, Jangan Sampai Terkena Gangguan Kolesterol!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.