Setiap ibu pasti menginginkan bayi lahir dengan normal dan sehat. Tetapi adapun kendala yang membuat bayi lahir stunting. Namun hal ini bisa dicegahnya kok Moms!

Stunting merupakan suatu masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi yang disebakan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini sangat menganggu perkembangan tumbuh si kecil kelak.

Gejala yang ditimbulkan stunting adalah si kecil mengalami gangguan pertumbuhan seperti tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dari usia standarnya.

Kasus stunting di Indonesia masih cenderung tinggi karena kasus stunting di Indonesia lebih dari 20%. Bedasarkan data dari Badan Keshatan Dunia (WHO) tahun 2012, tercatat ada sebanyak 162 juta balita pendek. Sebanyak 58i jumlah tersebut ada di Asia.

Untuk mengatasi kasus stunting di Indonesia dapat dilakukan berbagai macam hal. Moms bisa mencegah stunting ketika sedang hamil dan menyusui, bayi lahir, dan pada usia bayi 6 bulan hingga dua tahun. Moms harus memberikan dan memantau asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh anak.

Dilansir dari berbagai sumber (03/03/2021), berikut cara mencegah bayi lahir stunting

Baca Juga: Benarkah ASI Bisa Cegah Stunting pada Anak?