Menu

Moms Sering Merasa Payudara Jadi Keras dan Nyeri Saat Menyusui? Tiati Ya Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya, Intip Yuk...

14 Januari 2024 16:45 WIB
Moms Sering Merasa Payudara Jadi Keras dan Nyeri Saat Menyusui? Tiati Ya Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya, Intip Yuk...

Ilustrasi ibu menyusui (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, sekarang kamu sedang menyusui si kecil? Apakah sering merasakan payudara yang terasa keras dan nyeri saat menyusui anak?

Usut punya usut, menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 12 Januari 2024, menjelaskan jika bisa saja alasannya karena produksi ASI yang berlimpah, namun tak berimbang dengan pengosongan payudara yang optimal.

"Hal ini umumnya wajar terjadi karena fluktuasi hormonal dalam tubuh dan perlekatan bayi yang belum optimal," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Minggu (14/1/2024).

Meski bisa jadi karena fluktuasi hormonal, ternyata payudara keras yang terasa nyeri pun bisa saja tanda dari sebuah penyakit, mulai dari abses payudara, clogged duct, hingga mastitis.

Selain penyakit, bisa juga payudara yang keras dan nyeri pun disebabkan oleh efek samping beberapa jenis obat, infeksi kulit payudara, dan gangguan medis lainnya.

"Karena itu, jika usai menjalani langkah di atas keluhan Anda tidak kunjung membaik, cobalah diperiksakan langsung ke dokter sebelum minum obat dan herba apapun ya," saran dr. Nadia.

Baca Juga: Cara Mengolah Daun Kelor untuk Tingkatkan Produksi dan Kualitas ASI, Bisa Jadi Sayur Bening Moms!

Baca Juga: Tips Tingkatkan Produksi ASI saat Moms Menyusui Si Kecil, Penting Banget Konsumsi Makanan Bergizi Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.