Menu

Selain Masalah Hubungan Intim, Ini Tips untuk PakSu Saat Menghadapi Istri yang Menopause, Waspada dengan Perubahan Suasana Hatinya!

15 Januari 2024 20:55 WIB
Selain Masalah Hubungan Intim, Ini Tips untuk PakSu Saat Menghadapi Istri yang Menopause, Waspada dengan Perubahan Suasana Hatinya!

Illustrasi Wanita Alami Menopause (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, semua wanita pasti akan mengalami yang namanya menopause. Menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 21 Desember 2024, menopause merupakan siklus saat menstruasi terhenti secara alami. Biasanya menopause ini terjadi pada wanita di usia 45 tahun hingga 55 tahun.

"Di mana dikatakan sudah menopause bila tidak lagi mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut," jelas dr. Rizs dikutip Herstory, Senin (15/1/2024).

Lebih lanjut, menurut dr. Riza menopause merupakan proses alami yang akan dialami setiap wanita saat usianya bertambah tua. Itu karena indung telur akan semakin sedikit untuk memproduksi hormon kewanitaan, pada akhirnya indung telur pun sama sekali tak akan melepaskan sel telur, begitulah menstruasi akan terhenti.

Sebelum benar-benar menopause, para wanita akan mengalami gejalanya saat memasuki masa perimenopause yang akan terjadi beberapa bulan atau beberapa tahun sebelum menstruasi benar-benar terhenti.

"Gejala yang dapat dialami berupa perubahan siklus menstruasi, perubahan penampilan fisik seperti rambut rontok, kulit kering, payudara kendur, sendi terasa sakit atau nyeri, berat badan bertambah, mengalami perubahan psikologis seperti suasana hati yang berubah-ubah, mudah lelah, sulit tidur serta mengalami perubahan seksual seperti vagina menjadi kering dan mengalami penurunan gairah seksual," jelas dr. Riza saat memberikan informasi soal gejala menopause.

Karena akan banyak perubahan yang dialami oleh wanita, sebagai pasangan para suami pun akan terdampak.

Dokter Riza pun memberikan saran untuk para PakSu yang akan menghadapi istrinya menopause, dr. Riza memberikan arahan untuk para PakSu lebih sabar dan tetap setia karena perubahan tersebut pun akan berpengaruh pada gairah seksual.

"Dari gejala yang dialami dampaknya pada pasangan anda ialah menghadapi perubahan suasana hati anda yang suka berubah jadi harus lebih sabar, perubahan fisik yang tidak muda lagi jadi harus tetap setia, serta juga mengalami perubahan seksual jadi hubungan intim jadi terganggu," saran dr. Riza.

Baca Juga: Benarkah Menopause Bisa Sebabkan Vagina Kering dan Infeksi Saluran Kencing? Simak Moms Cara Mencegahnya!

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Risiko Gangguan Kesehatan, Yuk Simak Moms Makanan yang Pantang Dikonsumsi Menjelang Menopause

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan