Menu

4 Makanan yang Harus Dihindari Saat Kolesterol Kamu Kambuh, Jangan Ngeyel Kalau Gak Mau Tambah Parah!

19 Januari 2024 23:10 WIB
4 Makanan yang Harus Dihindari Saat Kolesterol Kamu Kambuh, Jangan Ngeyel Kalau Gak Mau Tambah Parah!

Ilustrasi wanita sakit kolesterol tinggi. (HerStory/Wafi)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tahukah kamu ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat kolesterol dalam tubuh sedang tinggi.

Dikutip dari laman thehealthy.com, menurut American Heart Association, tubuh sebenarnya memerlukan kolesterol untuk membangun sel-sel tubuh. Secara alami, tubuh menghasilkan kolesterol yang dibutuhkan lewat organ hati atau liver. Yang menjadi permasalahan, adalah ketika jumlah kolesterol sudah berlebihan, dan umumnya jenis kolesterol ini didapatkan dari sumber pangan hewani.

Nick West, MD, ahli jantung, kepala petugas medis, dan wakil presiden divisi urusan medis global di Abbott’s Vascular Business mengatakan, “meskipun jumlah kolesterol yang beredar dalam darah ditentukan secara genetik, dampak pola makan tidak boleh dianggap remeh.” Untuk itulah artikel kali ini akan membahas jenis makanan apa saja yang perlu dibatasi agar kadar kolesterol tidak lagi tinggi.

1. Makanan yang digoreng

Kentang goreng, onion rings, atau gorengan memang sangat enak disantap. Akan tetapi, ingat lho, kalau makanan yang digoreng bisa meningkatkan kadar LDL (low density lipoprotein) yang dikenal pula sebagai kolesterol jahat.

Makanan yang digoreng juga sering mengandung asam lemak trans yang juga turut berkontribusi terhadap tingginya kadar kolesterol jahat. Ahli diet terdaftar Theresa Gentile, MS, RDN, CDN yang juga merupakan juru bicara nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics menjelaskan bahwa asam lemak trans telah terbukti dapat meningkatkan kematian dan penyakit kardiovaskular dengan cara yang mirip dengan asam lemak jenuh.

2. Mentega dan margarin

Sering dioleskan ke roti, atau digunakan untuk memasak, mentega atau margarin memang bisa memberikan rasa lebih enak pada makanan. Hanya saja, sering mengonsumsi mentega atau margarin gak baik, lho, bagi kadar kolesterol.

Diketahui, mentega (berasal dari lemak hewani) maupun margarin (berasal dari minyak nabati) mengandung asam lemak jenuh tinggi. Menurut Gentile, hal ini bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.

3. Keju

Buat yang hobi menaburkan keju ke makanan apapun sebaiknya kebiasaan ini cepat-cepat direm, deh. Meski konsumsi keju bisa jadi sumber protein dan kalsium yang penting bagi tubuh, tapi jangan lupa kandungan asam lemak jenuhnya juga tinggi. Jadi, gak boleh dikonsumsi sering-sering.

Baca Juga: Dijamin Ambrol, Ini 5 Buah yang Bisa Turunkan Kolesterol, Nomor 1 Kesukaan Banyak Orang Nih!

Baca Juga: Begini Cara Tepat Mengolah Buah Plum Untuk Turunkan Kolesterol, Mudah Banget Kok!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah