Menu

Gawat! Bayi Sering Dicium Rentan Terkena Infeksi, Bunda Harus Waspada!

13 Januari 2020 10:00 WIB
Gawat! Bayi Sering Dicium Rentan Terkena Infeksi, Bunda Harus Waspada!

Potret garayscale anak kecil (Unsplash/Sabine van Straaten)

HerStory, Jakarta —

Siapa sih yang enggak gemes kalau lihat bayi mungil dan lucu? Pasti di antara kamu kalau lihat bayi lucu bawaanya mau cium aja kan? Hasrat seperti itu lumrah dilakukan banyak orang untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada si bayi.

Eits, tapi Beauty tahu enggak sih kalau keseringan mencium bayi itu enggak baik lho! Bayi yang sering dicium itu rentan terkena infeksi. Kalian tahu kan kalau daya tubuh bayi enggak seperti orang dewasa? Hal itulah yang menyebabkan kenapa mereka rentan terkena infeksi. 

Bayangkan, gimana kalau yang mencium mereka dengan kondisi yang kurang fit? Apa enggak kasihan bayi sekecil itu harus tertular penyakit yang serupa? Enggak kan

Nah buat Beauty khususnya yang sudah memiliki anak, harus waspada dengan hal-hal yang terjadi pada si kecil bila sering dicium orang lain. Melansir dari berbagai sumber, penyakit infeksi ini berisiko terjadi pada bayi yang sering dicium:

Herpes Simpleks

Melansir dari Healthy, Herpes Simpleks (HSV) biasanya menyebabkan infeksi kulit. Ada dua jenis, HSV tipe 1 biasanya menyebabkan lecet kecil di mulut, mata, dan bibir dan HSV 2 biasanya mempengaruhi area genital.

Infeksi ini sangat rentan terjadi pada bayi yang baru lahir, karena sistem kekebalan tubuhnya belum sepenuhnya berkembang. Biasanya si kecil rentan mengalami HSV tipe 1 akibat kontak seseorang yang memiliki wabah HSV-1 dalam air liurnya dengan mencium si kecil.

Bunda, biasanya si Kecil akan mengalami gejala tertentu, seperti rewel, muncul luka lepuhan serta ruam pada area bibir, demam, nafsu makan atau menyusui berkurang, gusinya bengkak, hingga muncul benjolan di leher akibat pembengkakan getah bening.

Mononucleosis

Penyakit selanjutnya yang bisa dialami olah bayi karena sering dicium adalah terkena mononucleosis. Melansir dari Kids Health, virus ini menyebabkan sakit tenggorokan atau demam. Penyakit ini bisa menular akibat virus Epestein-Barr (EBV), karena penularannya lewat liur,  si Kecil terkena penyakit ini selain karena seiring dicium bisa jadi tertular lewat batuk dan bersin orang di sekitarnya.

Sariawan

Sariawan juga rentan terjadi pada si Kecil akibat sering dicium. Sariawan yang dialami si Kecil dikarenakan infeksi Jamur Candida. Jamur ini merupakan mikroorganisme normal yang ada pada mulut, kulit, dan juga saluran pencernaan orang dewasa. Saat mereka mencium bayi, bisa saja jamur ini pindah dalam mulut bayi. 

Bisanya di dalam mulut si kecil akan muncul bercak atau lapisan putih yang tampak kering dan pecah-pecah. Sampai-sampai mereka enggak mau diberikan susu karena mulutnya terasa perih. 

ISPA

Risiko lainnya ialah, si Kecil bisa terkena ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan akibat seringnya mendapat ciuman. Penyakit ini disebabkan oleh virus , tapi bisa jadi terbawa dari bakteri. Sama seperti mononucleosis, virus ISPA terkandung dalam air liur , si Kecil juga rentan terkena penyakit ini akibat batuk dan pilek.

Si Kecil mengalami akan beberapa gejala, seperti batuk, demam, bersin, sesak napas, hingga napsu makannya berkurang.

Nah, Beauty udah tahu kan penyakit apa saja yang bia terjangkit bayi akibat sering dicium? Bagi kalian yang sudah memiliki anak mungkin bisa mawas diri untuk menjaga kesehatannya.

Dan bagi kalian yang belum memiliki si Kecil, cobalah untuk enggak melakukan kontak apa pun kepada si Kecil apalagi menciumnya dalam kondisi tubuh yang kurang fit.

Baca Juga: Bisa Dicontoh Nih Moms! 5 Aturan Makan Nikita Willy untuk Baby Issa, Kuncinya Tuh Ternyata Cuma Satu Lho!

Baca Juga: Anak Susah Makan Buah? Ini Risiko yang Mengintai si Kecil dan Solusi yang Bisa Dilakukan, Catat Ya Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha