Menu

3 Penyakit dengan Gejala Demam Disertai Ruam di Kulit, Beauty Harus Hati-hati karena Bukan Cuma DBD!

29 Januari 2024 19:50 WIB
3 Penyakit dengan Gejala Demam Disertai Ruam di Kulit, Beauty Harus Hati-hati karena Bukan Cuma DBD!

Ilustrasi sakit karena demam berdarah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah saat ini kamu sedang mengalami demam? Jika iya, coba cek apakah demam kamu disertai dengan munculnya rumah?

Menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 29 Januari 2024, menjelaskan jika demam dengan disertai ruam, biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau juga bakteri.

Jika memang Beauty baru saja mengalami hal tersebut, sebaiknya pantau apakah semuanya terus meningkat, jika iya sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter.

"Namun jika demam sudah turun dan tinggal ruam saja, bisa tunggu beberapa hari umumnya jika karena virus akan sembuh dalam beberapa hari bisa berikan obat berupa paracetamol untuk merasa nyaman, oleskan bedak talk atau calamine jika ruam tidak ada cairan, tetap mandi dengan air hangat," saran dr. Riza Marlina dikutip Herstory di hari yang sama.

Sementara itu, jika rumah di tubuh tak kunjung hilang setelah 5 hari. Apalagi ditandai dengan adanya gejala lain seperti kesakitan, gatal, kamu harus melakukan pemeriksaan lagi agar bisa ditangani lebih lanjut.

Sementara itu, setidaknya ada 3 penyebab yang bisa bikin Beauty demam disertai munculnya rumah, langsung simak yuk berikut ini.

1. Demam Berdarah

Menurut dr. Riza, demam berdarah itu gejalanya biasanya ditandai dengan demam yang naik turun. Lalu adanya ruam bintik-bintik merah yang tampak terbenam di dalam kulit, saat ditekan ruam itu tak pudar.

Baca Juga: Moms Jangan Abai, Demam Berdarah Berakibat Fatal Jika Terlambat Ditangani Dokter

Baca Juga: Lewat Program Ini Takeda Dukung Indonesia Bebas Kematian Akibat Dengue di Tahun 2030

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan