Menu

3 Gerakan Yoga yang Aman untuk Moms Hamil, Pastinya Bisa Permudah Proses Persalinan Moms!

02 Februari 2024 21:55 WIB
3 Gerakan Yoga yang Aman untuk Moms Hamil, Pastinya Bisa Permudah Proses Persalinan Moms!

Pose yoga butterfly. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 1 Februari 2024, menyarankan agar para Moms hamil untuk terus bergerak aktif demi kesehatan tubuh.

Itu karena, selama Moms menjalankan masa kehamilan, maka akan ada banyak perubahan di tubuh yang kamu alami sehingga bisa berdampak pada kesehatan.

Nah, agar tak berdampak buruk, kamu harus menjaga kesehatan selama hamil dengan cara berolahraga, untuk Moms hamil sendiri disarankan melakukan yoga karena dianggap bisa permudah persalinan.

"Salah satu cara untuk menjaga kesehatan selama kehamilan salah satunya dengan olahraga seperti yoga, dimana yoga pada ibu hamil dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh dan dimana gerakan yang ada di dalamnya juga dapat membantu melatih pernafasan ibu hamil sehingga proses persalinan akan menjadi lebih tenang," tutur dr. Riza dikutip Herstory, Jumat (2/2/2024).

Sementara itu, dr. Riza menjelaskan jika yoga bisa dilakukan Moms hamil saat usia kandungan berapa. Tapi yang harus diingat adalah kamu perlu memilih gerakan yoga yang aman dan mendapatkan manfaat dari gerakannya.

"Untuk ibu hamil trimester ketiga sebaiknya lakukan gerakan yoga yang bersifat menangkan dan lebih hati-hati selama dilakukan dengan benar yoga pada trimester tiga akan memberikan manfaat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres, meningkatkan kekuatan otot-otot menjelang persalinan dan mengurangi sakit punggung," tutur dr. Riza.

Cusss langsung saja simak rekomendasi gerakan yoga dari dr. Riza berikut ini.

1. Rotasi bahu

Moms bisa melakukan gerakan yoga ini, caranya letakan ujung jari di bahu, lalu putar sendi seolah sedang menggambar bentuk lingkaran menggunakan siku. Arahnya mengikuti arah jarum jam. Kamu bisa melakukan gerakan ini sebanyak lima kali, lalu lakukan di bagian sebelahnya.

2. Pose kupu-kupu

Mom bisa coba lakukan pose kupu-kupu, caranya cukup dengan duduk, lalu kakinya buat terbuka, tekuk keduanya hingga telapak kaki saling bersentuhan dekat dengan tubuh.

Setelah itu rilekskan paha, pegang kaki dengan kedua tangan dan gerakan lutut naik-turun seperti menirukan gerakan sayap kupu-kupu.

Baca Juga: 4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan oleh Moms Hamil di Trimester 1, Jangan Pilih yang Intensitasnya Berat!

Baca Juga: 3 Hal yang Bikin Moms yang Sedang Hamil Susah Tidur, Bukan Cuma Karena Morning Sickness Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.