Menu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Beauty yang Menderita Darah Rendah, Jangan Tiba Tiba Berdiri Ya!

12 Februari 2024 21:10 WIB
Posisi Tidur yang Tepat untuk Beauty yang Menderita Darah Rendah, Jangan Tiba Tiba Berdiri Ya!

Tidur (Unsplash/Vladislav Muslakov)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti tahu jika seseorang yang menderita tekanan darah rendah pasti sering merasakan pusing sehari-harinya.

Usut punya usut, menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 12 Februari 2024, menjelaskan seseorang bisa dikatakan memiliki tekanan darah rendah jika tekanan darahnya di bawah 90/60 mmHg.

Nah, jika Beauty memang tekanan darahnya di bawah itu, maka akan merasakan beberapa keluhan. Mulai dari mual, pusing, lemas, muntah, pandangan kabur, sulit berkonsentrasi, bahkan pingsan, lho.

Penyebab tekanan darah rendah

Untuk penyebabnya sendiri, dr. Riza menjelaskan jika setidaknya ada 3 yang membuat tekanan darah seseorang menjadi rendah seperti berikut ini.

  • Kekurangan cairan
  • Kekurangan nutrisi, seperti vitamin B12, zat besi, dan folat.
  • Pendarahan berat.

Di sisi lain bicara soal posisi tidur yang tepat untuk para penderita tekanan darah agar tak mengalami pusing, menurut dr. Riza ternyata posisi tidur tak buat pusing. Namun, seseorang yang menderita tekanan darah akan pusing saat ada perubahan posisi tubuh yang dilakukan secara tiba-tiba.

"Misalnya dari berbaring lalu bangkit berdiri, dimana ketika berdiri dari duduk atau berbaring darah akan mengalir lebih banyak ke kaki karena perubahan gaya gravitasi, pada kondisi ini sirkulasi darah ke jantung menjadi berkurang sehingga tekanan darah menurun," tutur dr. Riza dikutip Herstory di hari yang sama.

Dokter Riza pun menyarankan untuk Beauty tak langsung berdiri saat bangun tidur, namun harus diselingi dengan duduk agar pusing tak menyerang.

Baca Juga: Mengandung Zat Besi Tinggi, Benarkah Jus Terong Belanda Bisa Atasi Tekanan Darah Rendah? Intip Faktanya Yuk…

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.