Menu

Skoliosis Sering Bikin Sakit Pinggang, Aman Gak Sih Jika Wanita Hamil dengan Kondisi Tulang Melengkung?

18 Februari 2024 13:55 WIB
Skoliosis Sering Bikin Sakit Pinggang, Aman Gak Sih Jika Wanita Hamil dengan Kondisi Tulang Melengkung?

Ilustrasi skoliosis. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Mungkin nyeri punggung sudah menjadi salah satu masalah tubuh yangs ering dirasakan terutama oleh ibu hamil karena sangat berat menahan janin dan otot perut yang meregang.

Namun, apakah hal kehamilan juga aman untuk para ibu yang menderita skoliosis?

National Health Service (NHS) mendefinisikan skoliosis sebagai kondisi tulang belakang melengkung ke samping atau terpelintir.

Penyakit ini bisa dialami siapa saja dari bayi hingga orang dewasa, tapi umumnya mulai menyerang remaja remaja usia 10 hingga 15 tahun dan bisa semakin parah jika tak ditangani hingga dewasa, bahkan bisa mempengaruhi perempuan saat jadi ibu hamil loh.

Gejala skoliosis meliputi tulang belakang tampak melengkung, condong ke satu sisi, bahu tak rata, satu bahu atau pinggul menonjol, tulang rusuk mencuat di satu sisi, dan pakaian jadi tak pas.

Hubungan skoliosis dan ibu hamil

Melansir Scoliosis Support & Research, Jumar (2/2/2024) skoliosis terbagi dua jenis, skoliosis bawaan sejak lahir seperti distrofi otot atau poliomielitis dan skoliosis remaja atau idiopatik.

Skoliosis idiopatik jadi kondisi yang paling umum dan banyak ditemukan, yaitu kondisi tulang melengkung ke samping saat proses pertumbuhan di usia 10 hingga 14 tahun.

Nah, menariknya khusus ibu hamil dengan skoliosis idiopatik jarang mengalami masalah pernapasan selama kehamilan dan seiring bertambahnya usia. Ini karena skoliosis terjadi pada masa paru-paru dan jantung sudah terbentuk semporna.

Sedangkan ibu hamil dengan skoliosis bawaan seperti distrofi otot atau poliomielitis, kemungkinan skoliosis terjadi sejak lahir yang menyebabkan ukuran dan kapasitas paru-paru cenderung terbatas, karena tak punya yang untuk terbentuk maksimal.

Baca Juga: Bikin Khawatir, Ini 6 Arti Mimpi Keguguran di Toilet Padahal Sedang Tak Hamil, Pertanda Baik atau Buruk Ya?!

Baca Juga: Rezeki Nomplok! Ini 3 Zodiak yang Akan Hamil di Tahun 2024, Kamu Salah Satunya Bukan?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan