Menu

Waduh! Trigliserida yang Tinggi Bisa Sebabkan Penyakit Jantung dan Stroke, Beauty Harus Tahu Cara Menurunkannya Nih, Simak Yuk!

19 Februari 2024 03:15 WIB
Waduh! Trigliserida yang Tinggi Bisa Sebabkan Penyakit Jantung dan Stroke, Beauty Harus Tahu Cara Menurunkannya Nih, Simak Yuk!

Ilustrasi kesehatan jantung. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu harus tahu jika kadar trigliserida yang memang ada di dalam tubuh bisa jadi membahayakan jika kadarnya melebihi batas normal. Bahkan, menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 13 Februari 2024,  jika kadar trigliserida yang tinggi tak segera diatasi bisa memicu  penyakit jantung hingga peradangan pankreas.

"Peningkatan kadar trigliserida dalam darah terjadi bila asupan trigliserida dari makanan melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh, kondisi ini dapat memicu penebalan dinding pembuluh darah sehingga beresiko menyebabkan serangan jantung atau penyakit jantung dan stroke," jelas dr. Riza dikutip Herstory, Senin (2/18/2024).

Nah, usut punya usut, penyebab tingginya trigliserida disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kelainan genetik, berlebihan dalam konsumsi karbohidrat, sering konsumsi alkohol, jarang olahraga, dan kecanduan merokok.

Memang kadar trigliserida yang tinggi tak akan menimbulkan gejala, tapi menurut dr. Riza, "trigliserida tinggi yang disebabkan kelainan genetik bisa menyebabkan xanthelasma yaitu plak kekuningan akibat gumpalan lemak di kelopak mata."

Beauty bisa mengatasi trigliserida yang tinggi dengan ubah gaya hidup jadi sehat dan periksa ke dokter agar diberikan obat yang tepat.

Baca Juga: Mengenal Atrial Fibrilasi Jantung, Gangguan Detak Jantung Tak Beraturan yang Bisa Membahayakan Nyawa, Ini Lho Penyebabnya Beauty!

Baca Juga: Diet yang Pas untuk Mencegah Penyakit Jantung, Penting Banget Hindari Makanan Tinggi Lemak Jahat dan Garam!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan