Menu

Mengenal Diet Cepat yang Bisa Bikin Berat Badan Turun Drastis, Tiati Ada Efek Sampingnya Lho!

21 Februari 2024 10:55 WIB
Mengenal Diet Cepat yang Bisa Bikin Berat Badan Turun Drastis, Tiati Ada Efek Sampingnya Lho!

Ilustrasi wanita berhasil diet. Berat badannya menunjukkan penurunan. (HerStory/Wafi)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tahukah kamu ternyata diet gak sederhana menurunkan berat badan saja, lho. Ada dua jenis diet yang harus Beauty ketahui, pertama diet sehat dan kedua diet cepat.

Meski begitu, kali ini Herstory akan membahas diet cepat. Usut punya usut, diet cepat bisa dikatakan program diet yang targetnya menurunkan berat badan secara drastis dengan cara yang ketat.

Nah, mengutip dari laman Alodokter yang sudah ditinjau oleh dr.  dr. Airindya Bella, diet cepat ini fokusnya pada aturan jam makan yang harus dilakukan di waktu tertentu saja. Tapi, ada juga yang fokusnya pada pembatasan asupan makanan tertentu.

Nah, salah satu pola diet cepat yang populer ada intermittent fasting atau puasa intermiten. Fyi nih Beauty, puasa intermiten ini fokusnya adalah pengaturan waktu makan, buka menu makanannya. Jadi, bisa dikatakan jika Beauty melakukan metode puasa intermiten, maka kamu boleh makan apa saja, asal di waktu yang sudah ditentukan. Sebagai contoh, Beauty gak boleh makan sama sekali selama 12 jam, baru bisa makan lagi seperti biasanya setelah 12 jam.

Di sisi lain, pola diet lainnya itu, yaitu dengan mengurangi jumlah konsumsi makanan berkalori secara drastis. Jika Beauty pilih pola diet ini, maka kamu bisa kurangi porsi makan, setidaknya setengah porsi dari porsi makan biasanya.

Biar penurunan berat badan secara optimal, kamu harus lakukan olahraga secara rutin setiap 30 menit setiap harinya.

Efek samping diet cepat

Memang diet cepat ini bisa membuat berat badan kamu turun dengan cepat, tapi hati-hati karena diet cepat memiliki risiko efek samping. Mulai dari kelelahan, sakit kepala, sembelit, mudah emosi, rambut rontok, hingga menstruasi tak teratur. 

Baca Juga: Tips Diet untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Simak Baik-baik Ya!

Baca Juga: Gak Boleh Asal, Beauty Harus Tahu Cara Tepat Diet Air Putih, Lemak Auto Ambrol Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan