Menu

3 Kebiasaan yang Harus Diterapkan Saat Kamu Sering Insomnia, Salah Satunya Pola Hidup Sehat!

26 Februari 2024 23:15 WIB
3 Kebiasaan yang Harus Diterapkan Saat Kamu Sering Insomnia, Salah Satunya Pola Hidup Sehat!

Ilustrasi perempuan insomnia (Freepik.com/karlyukav)

HerStory, Jakarta —

Beauty, jika kamu mengalami insomnia, pastikan akan membuat kamu tak nyaman karena kamu akan sulit untuk tidur atau sering terbangun saat tidur.

Bisa juga tidak bisa tidur sama sekali atau bangun terlalu dini dan tidak bisa tidur kembali.

Gangguan tidur yang cukup sering ditemui ini bisa terjadi dalam jangka pendek (akut) atau berlangsung lama (kronis).

Penyebabnya ada banyak hal. Mulai dari stres, kebiasaan buruk sebelum tidur, gaya hidup yang tidak sehat, hingga gangguan mental. Tentu saja kebiasaan yang tidak sehat menyebabkan berbagai risiko bagi penderitanya.

Di antaranya mudah marah, tidak fokus, cemas, hipertensi, obesitas, dan penyakit jantung. Dilansir Alodokter, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi insomnia.

1. Terapkan pola hidup sehat

Rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari bisa menyehatkan tubuh sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

Namun, hindarilah olahraga dan makan berat setidaknya 3–4 jam sebelum waktu tidur. Sebab, hal tersebut akan membuat kamu sulit terlelap.

2. Batasi waktu tidur siang

Tidur siang dalam waktu yang terlalu lama bisa membuat kamu mengalami insomnia. Kamu disarankan tidur siang maksimal selama 30 menit dan tidak tidur setelah pukul 3 sore.

Baca Juga: 3 Kebiasaan yang Bisa Bikin Beauty Insomnia, Jangan Dilakukan ya!

Baca Juga: Jangan Dibiasakan Tidur Larut Malam, Ini 3 Tips Perbaiki Jam Tidur yang Salah, Yuk Terapkan Mulai Sekarang!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan