Menu

4 Tips Memanfaatkan Tidur Malam untuk Turunkan Berat Badan, Emang Bisa?

26 Februari 2024 23:50 WIB
4 Tips Memanfaatkan Tidur Malam untuk Turunkan Berat Badan, Emang Bisa?

Wanita sedang menimbang berat badan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, banyak wanita yang ingin untuk menurunkan berat badan, apakah kamu salah satunya? Usut punya usut, tidur malam bisa bantu kamu turunkan berat badan lho, kok bisa?

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa tidur malam bisa membantu menurunkan berat badan. Penelitian dari National Sleep Foundation menunjukkan bahwa gaya hidup modern dan paparan cahaya malam hari bisa mengacaukan ritme sirkadian alami tubuh.

Ritme sirkadian alami tubuh yang kacau bisa mendorong untuk menahan lemak, sehingga Anda akan sulit menurunkan berat badan atau menjadi lebih gemuk.

Tidur bisa membantu orang untuk menurunkan berat badan karena tubuh akan membakar kalori lebih banyak daripada saat terbangun. Tetapi, pembakaran kalori malam hari ini tergantung pada Rapid Eye Movement (REM) alias gerakan mata cepat.

Dalam hal ini, REM dan otak seseorang akan aktif menjalankan fungsinya saat tidur malam. Adapun yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan saat tidur, antara lain:

1. Tidur dalam suhu dingin

Tidur dalam suhu dingin membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dan berat badan semalaman. Menurut sebuah penelitian, orang yang tidur dalam suhu kamar dingin bisa membakar kalori tubuh sebesar 42 persen.

Selain itu, kemampuan mereka untuk memetabolisme lemak melonjak hingga 10 persen. Bahkan sensitivitas insulin mereka juga meningkat yang bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

2. Kurangi makan malam

Jika Anda makan lebih banyak di malam hari, tubuh akan bekerja untuk metabolisme, bukan mendetoksifikasi.

Hal ini bisa meningkatkan berat badan Anda jika mengonsumsi karbohidrat. Karena konsumsi karbohidrat dapat meningkatkan gula darah. Lalu insulin akan mengambilnya sebagai energi tubuh, jika tidak maka kalori akan disimpan dan menjadi lemak.

Baca Juga: Waduh Ternyata Waktu Terbaik Anak Minum Susu Bukan Sebelum Tidur, Moms Sudah Tahu Belum?

Baca Juga: Duh Mending Hindari Deh, Ini 6 Makanan yang Sebaiknya Gak Beuaty Konsumsi Sebelum Tidur, Salah Satunya Cokelat!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan