Menu

5 Rekomendasi Buah Manis yang Ramah Penderita Diabetes, Jangan Takut Gula Darah Naik!

29 Februari 2024 20:20 WIB
5 Rekomendasi Buah Manis yang Ramah Penderita Diabetes, Jangan Takut Gula Darah Naik!

Buah-buahan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tahukah kamu jika para penderita diabetes itu tak bisa sembarangan memilih makanan yang dikonsumsinya, termasuk buah. Itu karena jika salah konsumsi makanan gula darah dalam tubuh justru bisa meningkat.

Umumnya, penderita diabetes disarankan untuk membatasi makanan yang mengandung kadar gula tinggi dan karbohidrat. Pasalnya, karbohidrat dalam makanan akan diubah menjadi gula yang dapat menyebabkan kadar gula darah naik.

Berbeda dengan buah-buahan, meskipun buah kebanyakan memiliki rasa manis dan mengandung gula, namun jenis makanan ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan dalam buah terdapat kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lalu, jenis buah apa saja yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes? Berikut ini lima buah yang aman bagi penderita diabetes seperti yang telah dilansir dari Halodoc. 

1. Anggur

Anggur termasuk jenis buah yang bagus dan aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Dalam buah anggur terdapat kandungan antioksidan polifenol. Antioksidan ini berperan aktif untuk melawan radikal bebas. Selain itu, anggur juga mengandung serat yang cukup tinggi serta rendah kalori sehingga aman karena tidak menyebabkan kadar gula darah naik drastis. 

2. Apel

Apel juga termasuk buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah ini tergolong jenis buah dengan indeks glikemik rendah sehingga kadar gula darah tetap stabil. Tak hanya itu, apel juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh seperti vitamin A, C, kalsium, zat besi, dan serat.

3. Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga mengandung tiamin. Kandungan ini berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah dan mencegah risiko terjadinya resistensi insulin. Jeruk juga diketahui dapat membantu menjaga tekanan darah karena juga memiliki kandungan folat dan kalium. 

Baca Juga: Bukan Cuma Makanan Manis, Ini Lho Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes saat Puasa

Baca Juga: Rentan Mengalami Hipoglikemia dan Hiperglikemia, Intip Yuk Pentingnya Pantau Kadar Gula Darah Saat Puasa

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan