Menu

5 Tips Menyajikan Makanan Sahur dan Buka untuk Si Kecil yang Mulai Berpuasa, Moms Kepoin Yuk!

08 Maret 2024 15:00 WIB
5 Tips Menyajikan Makanan Sahur dan Buka untuk Si Kecil yang Mulai Berpuasa, Moms Kepoin Yuk!

Ilustrasi melatih anak puasa. (Shutterstock/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, sebagai umat Islam kita semua diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa. Maka dari itu, puasa bukan hanya diperuntukan oleh orang dewasa, anak-anak pun sebaiknya segera diajarkan berpuasa karena dari umur 7 ke atas sudah diperbolehkan.

Agar si kecil bisa menjalankan puasa pertamanya dengan baik dan tanpa ada keluhan, kamu sebaiknya mulai mengenalkan makna dan tujuan berpuasa, lalu, ajarkan berpuasa secara bertahan, memberikan motivasi pada anak, dan meminta anak untuk makan sahur.

Selain tips-tips tersebut, Moms harus memastikan asupan makanan untuk si kecil terpenuhi saat sahur dan berbuka. Hal itu akan membuat anak terhindar dari dehidrasi dan kelelahan, serta anak bisa terus sehat.

Daripada bingung, cusss langsung kepoin tip memberikan asupan nutrisi pada saat anak pertama kali puasa:

1. Perbanyak karbohidrat

Moms harus menyajikan makanan tinggi serat dan karbohidrat, seperti beras merah, gandum, sayuran, buah-buahan agar anak kenyang tahan lama.

2. Perbanyak protein

Moms harus menyiapkan makanan berprotein tinggi saat sahur, nah bahan pangan yang mengandung tinggi protein adalah daging tanpa lemak dan ikan. Itu karena protein bisa jadi sumber energi saat anak menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: Bisa Jadi Ide Menu Sahur Praktis, Ini 3 Makanan yang Wajib Ada di Rumah! Cuss Langsung Cek Kulkasmu Beauty!

Baca Juga: 8 Pantangan Makanan Sahur dan Berbuka bagi Penderita Asam Urat, Bukan Cuma Jeroan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan