Menu

6 Teknik Bikin Kulit Risol anti Sobek, Dijamin Isiannya Gak Meluber Kemana-mana, Bikin Yuk Moms Buat Takjil Buka Puasa!

15 Maret 2024 16:10 WIB
6 Teknik Bikin Kulit Risol anti Sobek, Dijamin Isiannya Gak Meluber Kemana-mana, Bikin Yuk Moms Buat Takjil Buka Puasa!

Kulit Risol Anti Robek (Instagram/@fithrotal_chaq)

HerStory, Jakarta —

Kulit risol anti sobek memang terkesan mudah dibuat, tapi jika Moms sedikit saja salah teknik dan langkah, bisa-bisa kulit risol yang kamu bikin itu mudah sobek sehingga isiannya akan luber kemana-mana.

Jika Moms membuat kulit risol dengan bahan, langkah, dan teknik yang tepat, dijamin deh hasilnya pasti kuat, lentur, anti sobek. Untuk mendapatkan kulit risol dengan kualitas tinggi tersebut, Moms sebaiknya bikin kulit risol secara mendadak.

Sebenarnya Moms bisa beli kulit risol yang instan, tapi mungkin dari segi rasa dan tekstur bisa saja tak sesuai selera kamu, Moms. Nah, maka dari itu membuat kulit risol di rumah bisa jadi hal yang tepat, apalagi Moms bisa memastikan bahan-bahan yang dipakai pasti berkualitas,

Jika Moms tertarik untuk membuat kulit risol anti sobek, sebaiknya simak penjelasan yang sudah dirangkum Herstory Buku 'Seri Usaha Boga: Aneka Lumpia & Risoles' karya Sufy. S. y berikut ini.

Adonan dasar kulit risoles

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 600 ml air matang
  • 4 kuning telur, kocok sebentar
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdm margarin/mentega, cairkan, biarkan dingin
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, garam, dan kuning telur kocok, aduk sambil dituangi air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan lembut.
  2. Tambahkan mentega cair yang sudah dingin, lalu aduk sampai merata.
  3. Diamkan adonan selama 15 menit.
  4. Panaskan wajan dadar anti lengket bergaris tengah 16 atau 18 cm, olesi sedikit margarin atau minyak goreng.
  5. Tuang adonan dan ratakan hingga menjadi adonan yang tipis. Masak hingga matang, angkat, dan letakkan dalam wadah yang datar. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  6. Kulit risol siap digunakan.

Baca Juga: Bosan Makan Daging Terus saat Lebaran? Cusss Intip Tumis Kangkung Telur Puyuh, Sederhana Tapi Maknyus Banget!

Baca Juga: Resep Telur Puyuh Bumbu Cabai, Bikinnya Simpel Banget Moms, Cuma Butuh Sedikit Bumbu!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan