Menu

6 Cara Jaga Ginjal Tetap Sehat, Perbanyak Minum Air Putih ya Beauty!

15 Maret 2024 21:36 WIB
6 Cara Jaga Ginjal Tetap Sehat, Perbanyak Minum Air Putih ya Beauty!

Ilustrasi makanan untuk kesehatan ginjal. (Hello Sehat)

HerStory, Jakarta —

Moms, dalam setiap tubuh pasti memiliki ginjal yang terletak di bagian bawah tulang rusuk. Nah, ginjal itu bisa menyaring sekitar 200 liter darah setiap hari, sehingga dapat menghilangkan kotoran, bahan kimia, beracun, dan air yang berlebihan. 

Pada saat ginjal tidak berfungsi secara optimal, ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan kronis. Sebagaimana yang diungkap oleh WHO, 85 crore pasien yang menderita penyakit ginjal secara global diperkirakan meningkat pada tahun 2040. Hal itu diikuti lebih dari 5 juta pasien yang gagal ginjal, bahkan meninggal hingga kurangnya perawatan yang tepat.

Untuk menjaga kesehatan ginjal secara optimal, simak enam tips berikut ini yang dilansir dari HealthShots.

Olahraga  teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda, terutama kesehatan ginjal Anda. Selain itu, latihan fisik juga dapat meningkatkan kekuatan, fungsi otot, sekaligus menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Bahkan, olahraga juga membantu mencegah diabetes serta kesehatan jantung Anda.

1. Konsumsi air mineral

Mengonsumsi air mineral dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal Anda, serta menghilangkan limbah dan polutan dari darah dalam bentuk urin. Dengan mengonsumsi air yang cukup, ini dapat mengurangi mengembangkan penyakit ginjal kronis, juga menghindari dari penyakit batu ginjal.

2. Konsumsi makanan sehat

Pola makan yang buruk dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, dan juga kerusakan ginjal. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, ini dapat melindungi organ-organ tubuh dari kerusakan dan cedera. Beberapa makanan ini bisa Anda konsumsi, mulai dari sayur-sayuran hingga biji-bijian. Buah-buahan seperti cranberry juga baik untuk kesehatan ginjal, sebab buah ini mengandung kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh.

3. Hindari tembakau

Tidak dipungkiri, tembakau dapat menghancurkan arteri darah, menurunkan aliran darah, serta mengembangkan penyakit paru-paru dan jantung. Selain itu, merokok juga dapat membahayakan kesehatan ginjal, sebab ada bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok. Bahkan, ini dapat meningkatkan resiko kanker ginjal serta kandung kemih sekitar 50 persen.

Baca Juga: 7 Makanan yang Bisa Bikin Beauty Menderita Batu Ginjal, Ada Daging Merah Lho!

Baca Juga: Mitos atau Fakta Daun Keji Beling Bisa Sembuhkan Sakit Pinggang karena Batu Ginjal? Ternyata oh Ternyata...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan