Menu

Rekomendasi 6 Makanan Sehat yang Bisa Turunkan Risiko Kanker, Ada Apel Beauty!

17 Maret 2024 16:05 WIB
Rekomendasi 6 Makanan Sehat yang Bisa Turunkan Risiko Kanker, Ada Apel Beauty!

Kumpulan buah dan sayuran. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti tahu jika kanker merupakan penyebab kematian kedua di dunia dengan angka kematian mencapai 70 persen. Angka ini terjadi di  negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. 

Badan kesehatan global juga mengatakan bahwa 30-50 persen kanker dapat dicegah karena sekitar sepertiga kematian akibat kanker terjadi karena lima risiko perilaku dan pola makan utama: indeks massa tubuh yang tinggi, asupan buah dan sayuran yang rendah, kurangnya aktivitas fisik. aktivitas, penggunaan tembakau, dan penggunaan alkohol.

Dilansir melalui news18, sebuah studi, yang dilakukan oleh para peneliti di Tuft's Friedman School of Nutrition Science and Policy dan diterbitkan dalam jurnal medis JNCI Cancer Spectrum, menemukan bahwa pada tahun 2015 lebih dari 80.000 kasus kanker baru di Amerika Serikat dikaitkan dengan asupan biji-bijian yang rendah, asupan susu yang rendah, asupan tinggi daging olahan dan daging merah, rendahnya asupan buah dan sayur, serta tingginya asupan minuman manis.

Berikut adalah beberapa makanan terbaik yang menurunkan risiko kanker, menurut beberapa penelitian:

1. Apel

Apel mengandung polifenol: senyawa nabati yang dapat mencegah peradangan, penyakit kardiovaskular, dan infeksi. Penelitian menunjukkan bahwa polifenol juga memiliki sifat antikanker dan melawan tumor. Sebuah studi 2018 di Journal of Food and Drug Analysis menyarankan bahwa apel phloretin “menghambat migrasi dan proliferasi sel kanker payudara.”

2. Berry

Buah beri kaya akan vitamin, mineral, dan serat makanan selain memiliki antioksidan. Satu studi menunjukkan bahwa anthocyanin, senyawa dalam blackberry, menurunkan biomarker untuk kanker usus besar. Studi lain menunjukkan bahwa efek anti-inflamasi blueberry dapat mencegah pertumbuhan tumor kanker payudara pada tikus.

3. Sayuran Cruciferous

Sayuran cruciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kangkung, mengandung sulforaphane, senyawa tanaman dengan sifat antikanker, yang menurut sebuah penelitian secara signifikan menghambat pertumbuhan sel kanker dan merangsang kematian sel pada sel kanker usus besar.

Baca Juga: Jadi Penyakit Mematikan dan Menakutkan, Simak 8 Langkah Efektif untuk Cegah Penyakit Kanker Payudara!

Baca Juga: Peneliti Ungkap Deteksi Kanker Bisa Dilakukan dengan Mudah di Rumah, Yuk Intip Caranya Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan