Menu

Mitos atau Fakta Puasa Bisa Memicu Stres dan Susah Fokus? Ternyata oh Ternyata…

20 Maret 2024 12:01 WIB
Mitos atau Fakta Puasa Bisa Memicu Stres dan Susah Fokus? Ternyata oh Ternyata…

Ilustrasi melatih anak puasa. (Shutterstock/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, ternyata ada mitos yang beredar jika puasa bisa meningkatkan kadar hormon stres dan atau kortisol, hal itu pun dipercaya bisa bisa bikin susah fokus karena tak ada asupan karbohidrat selama berpuasa.

Apakah hal itu merupakan fakta atau justru mitos belaka?

Usut punya usut, mengutip dari laman Alodokter, puasa justru bisa bikin kadar kortisol tetap normal, bahkan dengan berpuasa sistem kekebalan tubuh akan tetap terjaga. Selain itu tekanan darah pun makin stabil.

Apalagi jika Moms melakukan menerapkan pola makan yang tepat selama berpuasa, pasti puasa bisa meningkatkan kesehatan otak dan sistem saraf hingga tingkatkan konsentrasi.

Memang sih pada beberapa orang, puasa akan terasa lemas dan ngantuk. Jika kamu tak mengalami hal tersebut, sebaiknya penuhi kebutuhan cairan dan karbohidrat setiap harinya. Karena jika kurang, bisa memicu dehidrasi dan kadar gula darah yang rendah.

Gula darah yang seharusnya jadi sumber energi, jika kadarnya rendah akan berpengaruh pada tubuh kamu sehingga terasa lelah, sulit fokus, konsentrasi, dan berpikir.

Selain pada pola makan saja, kamu juga harus istirahat dengan waktu yang cukup agar badan jadi segar lagi.

Baca Juga: Pahala Dilipatgandakan, Ini 3 Manfaat Puasa Syawal yang Perlu Diketahui

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan