Menu

Mitos atau Fakta Puasa Saat Menyusui Bisa Ganggu Pertumbuhan Bayi? Jangan Percaya Moms, Rupanya…

21 Maret 2024 01:30 WIB
Mitos atau Fakta Puasa Saat Menyusui Bisa Ganggu Pertumbuhan Bayi? Jangan Percaya Moms, Rupanya…

Ilustrasi seorang ibu sedang menyusui anaknya. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, tahu gak kamu ada sejumlah mitos beredar tentang puasa, lho. Salah satunya mitos yang menyebutkan jika puasa saat menyusui bisa ganggu pertumbuhan bayi, kira-kira itu cuma mitos atau fakta ya?

Usut punya usut, menurut informasi di laman Alodokter, jika Moms dalam keadaan sehat, tak akan ada masalah untuk berpuasa karena jumlah ASI tak akan berkurang.

Selain itu, saat puasa, tubuh akan menggunakan cadangan lemak untuk produksi ASI selama Moms berpuasa. Moms gak usah khawatir ASI karena nutrisi ASI gak akan berkurang sehingga pertumbuhan bayi tak akan terganggu. Sebaiknya Moms tak usah khawatir.

Tapi jika memiliki riwayat kesehatan tertentu, sebaiknya diskusi terlebih dahulu dengan dokter, agar puasa yang Moms jalan tetap aman untuk si kecil.

Biar kesehatan Moms dan si kecil gak terganggu karena berpuasa, simak yuk tipsnya

1. Belanja kebutuhan rumah sebelum puasa

Hal itu dilakukan agar selama puasa Moms tak banyak kegiatan. Kamu tinggal simpan persediaan belanja di kulkas, lalu menggunakannya.

2. Penuhi asupan gizi saat sahur

Moms, saat sahur adalah momen kamu mengisi energi, maka dari itu pastikan asupan nutrisi kamu terpenuhi selama sahur. Sebaiknya Moms konsumsi makanan pelancar ASI, seperti ikan salmon, daging tanpa lemak, telur, bayam, brokoli, alpukat, dan jamur.

3. Konsumsi banyak air

Beauty agar tidak dehidrasi, sebaiknya kamu penuhi kebutuhan cairan selama berpuasa. Manfaatkan waktu malam hingga sahur untuk minum air putih.

Baca Juga: Rekomendasi ASI Booster Fenugreek Free dari Evermom, Dijamin Aman untuk Moms dan Bayi

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Sewa Freezer ASI untuk Ibu Menyusui, Jangka Waktu 1 Bulan Sampai 3 Bulan Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan