Menu

Rekomendasi Asupan Nutrisi yang Tepat agar Beauty Bisa Kuat Puasa Seharian, Ternyata Serat dan Protein Sangat Penting!

27 Maret 2024 18:00 WIB
Rekomendasi Asupan Nutrisi yang Tepat agar Beauty Bisa Kuat Puasa Seharian, Ternyata Serat dan Protein Sangat Penting!

Ilustrasi menunggu waktu buka puasa. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, seperti kita ketahui bersama saat berpuasa, umat Muslim akan menahan lapar dan haus selama 12 jam. Jika tak memenuhi asupan nutrisi, kamu bisa-bisa merasakan sakit kepala, sakit perut hingga dehidrasi. Maka dari itu kamu harus memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya selama  berpuasa

Asupan nutrisi yang dianjurkan saat berpuasa

Dokter Spesialis Gizi Eka Hospital Pekanbaru, dr. Erwin Christianto, Sp.GK, M.Gizi menjelaskan jika tubuh akan menggunakan cadangan karbohidrat yang disimpan pada hati digunakan sebagai energi. Tak heran jika puasa bisa turunkan berat badan, jaga kadar gula darah, hingga menurunkan kadar kolesterol total.

Lebih lanjut, manfaat puasa akan semakin dirasakan, jika Beauty memenuhi kebutuhan cairan harian.

"Rata-rata, orang dewasa membutuhkan sekitar 2.000 kalori per harinya. Jumlah ini mungkin lebih sulit dicapai saat puasa, atau malah bisa jadi terlalu berlebihan akibat tidak ada kontrol jenis makanan yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka. Sebuah penelitian menunjukkan, asupan kalori rata-rata selama berpuasa bisa berkurang sekitar 300 kalori," ujar dr. Erwin dikutip Herstory dari keterangan resmi, Rabu (27/3/2024).

Sementara itu, biar Beauty tetap bertenaga selama berpuasa meski asupan kalorinya berkurang, kamu harus tahu beberapa asupan nutrisi yang harus ada dalam menu sahur dan berbuka puasa. Dokter Erwin pun memberikan rekomendasinya.

Baca Juga: Resep Bobor Bayam yang Simpel, Sehat Bergizi, Cocok untuk MPASI Si Kecil Moms!

Baca Juga: Sering Dikonsumsi Anak Sandra Dewi, Ternyata Ikan Kembung Punya Banyak Manfaat untuk Anak, Salah Satunya...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan