Menu

Nakes Spill 5 Hal yang Harus Beauty Siapkan agar Tetap Sehat di Perjalanan Mudik, Poin Terakhir Sering Kelewat!

28 Maret 2024 20:50 WIB
Nakes Spill 5 Hal yang Harus Beauty Siapkan agar Tetap Sehat di Perjalanan Mudik, Poin Terakhir Sering Kelewat!

Ilustrasi wanita meraskan pegal-pegal usai perjalanan mudik. (Halodoc/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah tahun ini kamu dan keluarga akan mudik ke kampung halaman? Jika iya, kamu harus persiapkan tubuh agar tetap fit. Itu karena, menurut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diperkirakan jika jumlah pemudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 ini mencapai 193,6 juta orang, melonjak dari jumlah pemudik tahun lalu sebanyak 123,8 juta orang.

Melonjaknya jumlah pemudik tersebut juga akan meningkatkan volume kendaraan pada jalur mudik yang menyebabkan kemacetan. Perjalanan jauh yang ditempuh selama mudik akan menimbulkan kelelahan pada tubuh, sehingga banyak hal yang perlu disiapkan agar tubuh tetap terjaga dan sehat.

apt. Tri Ayu Apriyani, S.Farm., MBA, Head of Pharmacy Operation Wellings Indonesia menyampaikan beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar tubuh terjaga dan tetap sehat selama perjalanan mudik, yaitu :

1. Merencanakan Perjalanan dengan baik

Jika menggunakan kendaraan pribadi, rencanakan mudik dengan baik mulai dari cek kondisi kendaraan, memastikan rute perjalanan yang akan dilewati dan menentukan barang-barang yang akan dibawa. Hindari perjalanan mudik di waktu sehabis sahur, karena tubuh masih terasa lelah dan mengantuk.

2. Istirahat dan lakukan peregangan tubuh

Jika tubuh terasa lelah dan memang diharuskan tidur, maka wajib untuk beristirahat di rest area. Lakukan peregangan tubuh untuk memperlancar sirkulasi darah dan membuat tubuh kembali segar. Waktu istirahat setidaknya 15 menit setelah berkendara selama 4 jam.

“Pastikan kondisi tubuh dalam kondisi sehat, dan sehari sebelum mudik harus tidur dengan waktu yang optimal agar tubuh terasa lebih segar dan siap menghadapi perjalanan mudik. Hindari konsumsi obat-obatan yang menyebabkan kantuk sebelum mengemudi,” Ujar Ayu.

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Pastikan makanan yang dibawa selama perjalanan adalah makanan yang sehat dan bergizi, bisa digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh, seperti protein bar, buah-buahan, atau roti gandum. Jangan lupa membawa persediaan air mineral yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi.

“Jika berpuasa selama perjalanan, maka buka puasa dengan minum air putih yang cukup, dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Jangan terlalu banyak konsumsi fast food dan makanan berlemak tinggi karena berpotensi mengganggu kesehatan tubuh dan menurunkan sistem imun tubuh. Jika menggunakan kendaraan pribadi, tetap terapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker,” tambah Ayu.

Baca Juga: Jangan Sampai Drop Gegara Lelah! Ini 3 Tips Jaga Kesehatan Tubuh saat Mudik Lebaran, Kamu Sudah Tahu Belum?

Baca Juga: Mudik Tanpa Khawatir Bosan, Ini Tips Hemat Baterai HP di Perjalanan yang Bisa Kamu Coba, Nomor 5 Sering Dilupakan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan