Menu

Dokter Spesialis Spill 6 Tips Cegah Serangan Jantung saat Mudik, Penting Banget Istirahat Teratur!

08 April 2024 16:14 WIB
Dokter Spesialis Spill 6 Tips Cegah Serangan Jantung saat Mudik, Penting Banget Istirahat Teratur!

Ilustrasi mudik.(Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Menjelang lebaran, seperti sekarang ini, banyak keluarga memutuskan untuk mudik ke kampung halaman. Momen ini sangat ditunggu-tunggu demi bisa merayakan Idulfitri dengan orang tercinta.

Namun, di balik kebahagiaan akan bertemu dengan orang tercinta, dr. Bayushi Eka Putra, Sp.JP, FIHA  yang merupakan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital BSD mewanti-wanti karena perjalanan panjang menuju kampung halaman bisa menyebabkan gangguan kesehatan jika tak dilakukan dengan benar.

Salah satu masalah kesehatan yang perlu diwaspadai adalah serangan jantung. Usut punya usut, menurut dr. Bayushi hal itu merupakan kondisi kesehatan yang paling sering timbul.

Tips cegah serangan jantung saat mudik

Berkaitan dengan itu, agar perjalanan mudik makin lancar, kamu harus tahu nih tips cegah serangan jantung saat mudik menurut dr. Bayushi seperti dikutip Herstory dari keterangan resmi, berikut ini.

1. Istirahat secara teratur

Jika Beauty bawa kendaraan, kamu disarankan untuk berhenti setiap 60-90 menit sekali. Itu akan menghindari kamu dari kelelahan, selain itu kamu bisa gunakan waktu untuk peregangan saat berhenti. Sementara itu, kamu sebaiknya istirahat saat malam tiba, jangan sampai memaksakan untuk tetap berkendara meski tubuh kamu sudah lelah.

2. Bawa makanan dan minuman sendiri dari rumah

Beauty, kamu dan keluarga sebaiknya menyiapkan makanan sehat sebelum mudik untuk jadi bekal perjalanan. Itu karena makanan dan minuman yang biasanya kamu temui di rute mudik, kerap mengandung tinggi garam dan gula. Hal itu tak baik untuk kesehatan jantung kamu.

Pastikan kamu membawa bekal, buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan, selain itu jika ingin bawa snack pastikan rendah garam dan gula.

3. Letakkan obat di tempat terjangkau

Kamu harus memastikan bawa obat penurun darah tinggi atau diabetes yang harus kamu konsumsi secara rutin. Biar memudahkan, kamu bisa letakkan di tempat terjangkau.

Baca Juga: Rencana untuk Pulang ke Kampung Halaman? Beauty Harus Tahu Nih 5 Faktor Risiko Serangan Jantung saat Mudik

Baca Juga: Lebaran Sudah di Depan, Tokopedia Spill 5 Tips Mudik yang Aman dan Nyaman, Apa Saja ya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.