Memperingati International Women's Day yang jatuh setiap tanggal 8 Maret, redaksi HerStory mengadakan live instagram bersama Finansialku untuk membahas betapa pentingnya wanita 'merdeka' secara finansial.

Jika berbicara terkait finansial, masih banyak wanita yang bergantung dengan pasangan. Hal itu pun jadi pemicu banyak wanita yang bertahan saat alami KDRT karena tak bisa mencari uang.

Rista Zwestika, S.Sos, AWP, CFP, Perencana Keuangan di Finansialku menjelaskan bahwa di masa modern seperti ini keberadaan wanita dan pria sudah setara. Untuk itu, sekarang waktu yang tepat bagi para wanita untuk 'merdeka' secara finansial.

"Sudah waktunya wanita melek secara finansial. Tipsnya apa, yuk kita liat peluang kira-kira apanih yang bisa kita kerjakan walaupun kita dari rumah karena saat ini banyak ibu2 yang kerjanya dari rumah tapi incomenya juga banyak kok yang penting atas izin suami," ujar Rista saat live instagram bersama HerStory, Senin (8/3/2021).

Rista juga menambahkan bahwa ketika sudah memiliki penghasilan, wanita juga harus memiliki kemampuan untuk mengaturnya. Hal itu menjadi faktor utama suksesnya wanita untuk 'merdeka' secara finansial.

"Ketika sudah punya income jangan lupa untuk diatur keuangannya, artinya dibuat sistem budgetingnya, dana daruratnya, hutang piutangnya karena sebenarnya biaya hidup itu murah tapi biaya gengsi sama pamer itu mahal. Jadi jangan sampai lifestyle kita itu melebihi kemampuan kita," imbuh Rista. 

Rista juga menjelaskan bahwa itu bukan berarti tak boleh bergantung dengan suami, namun jika masih diberikan kesempatan untuk menambah penghasilan dan membantu suami itu bisa dimanfaatkan.

"Jadi wanita karena sebagian besar jadi manajer keuangan dalam rumah tangga memang harus pinter pinter atur uang harus melek secara finansial," tukasnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas