Menu

Dokter Spesialis Anak Spill Cara Efektif untuk Cegah Meningitis pada Si Kecil, Moms Harus Tahu!

22 April 2024 20:30 WIB
Dokter Spesialis Anak Spill Cara Efektif untuk Cegah Meningitis pada Si Kecil, Moms Harus Tahu!

Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 tahun ke atas (Shutterstock/Tatevosian Yana)

HerStory, Jakarta —

Moms, waspada terhadap ancaman penyakit meningitis yang bisa terjadi pada anak. Menurut Dokter Spesialis Anak Eka Hospital Permata Hijau, Dr. Nirmalia Husin, SpA, meningitis merupakan kondisi saat selaput otak yang disebut meninges mengalami peradangan.

Rupanya kondisi ini bisa dibilang berbahaya karena bisa mengakibatkan gangguan fungsi saraf, kelemahan sistem imun, bahkan terparah bisa menyebabkan kematian.

Sementara itu, alasan Moms harus waspada karena meningitis paling rentan terjadi pada bayi dan anak-anak. Berkaitan dengan itu, Dr. Nirmala pun menyarnakan untuk Moms tahu cara cegah meningitis pada anak.

Cara cegah meningitis pada anak

Penyakit meningitis yang disebabkan oleh virus dan bakteri ini memang berbahaya, tapi Moms jangan khawatir karena penyakit ini bisa dicegah. Dokter Spesialis Anak Eka Hospital inipun melalui keterangan resmi yang diterima Herstory (22/3/2024) menyebutkan beberapa cara untuk cegah anak meningitis yang bisa dilakukan oleh Moms.

1. Biasakan untuk hidup bersih

Karena meningitis penyebabnya virus dan bakteri, maka menjalankan kebiasaan bersih bisa dijauhkan dari meningitis. Moms bisa ajarkan anak untuk cuci tangan sebelum makan, Moms juga harus cuci tangan sebelum menyiapkan makanan, cuci tangan setelah keluar WC, dan terapkan etika ketika batuk serta bersin.

Baca Juga: Deretan Jenis Virus dan Bakteri yang Bisa Bikin Anak Menderita Meningitis, Dokter Anak Spill Bahayanya

Baca Juga: Komitmen Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak, Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong Dapat Penghargaan dari Pemerintah, Intip Gerakannya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan