Menu

Meski Enak dan Tinggi Nutrisi, Ini 2 Risiko Fatal Jika Konsumsi Ikan Mujair Berlebihan, Beauty Wajib Tahu!

26 April 2024 10:40 WIB
Meski Enak dan Tinggi Nutrisi, Ini 2 Risiko Fatal Jika Konsumsi Ikan Mujair Berlebihan, Beauty Wajib Tahu!

Ikan Mujair Bakar (Sumber/Resep Koki)

HerStory, Jakarta —

Siapa sih yang gak kenal ikan Mujair? Salah satu varietas ikan air tawar ini cukup popular di Indonesia dan sangat lumrah dibudidayakan lho.

Terlebih, ikan mujair juga digadang-gadang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi jika dikonsumsi dan sangat enak. Siapa sih yang gak akan tertarik menyantapnya?

Melansir dari data USDA Food Data Central melalui laman sindikasi konten suara.com, dalam 100 gram ikan mujair mengadung kurang lebih 25 gram protein dan 128 kalori lho Beauty.

Selain itu, ikan ini juga tinggi asam omega-6 dan omega-3 yang baik untuk pembentukan saraf otak. Namun, meskipun tinggi nutrisi, mengonsumsi ikan ini secara berlebihan juga tak disarankan karena akan mengakibatkan beberapa risiko kesehatan sebagai berikut.

Memiliki Efek Samping dari Kandungan Omega-6 yang Tinggi

Omega-3 dan omega-6 sejatinya diperlukan oleh tubuh untuk membantu proses metabolisme dan memperbaiki kinerja saraf. Akan tetapi, omega-6 yang diperlukan oleh tubuh hanya dalam jumlah sedikit dan tak boleh berlebihan. 

Melansir dari laman halodoc.com, ikan mujair tergolong sebagai salah satu jenis ikan dengan kandungan omega-6 yang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat ikan ini tak disarankan dikonsumsi dengan jumlah berlebihan oleh seseorang.

Melansir dari artikel berjudul “Tilapia Fish: Benefits and Dangers”, kandungan omega-6 yang tinggi dalam ikan mujair justru bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan. 

Senyawa omega-6 tersebut dapat meningkatkan peradangan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, apabila kamu tengah menjalani pengobatan peradangan, disarankan untuk menghindari mengonsumsi ikan mujair karena dapat menghambat proses penyembuhanmu.

Baca Juga: Waspada Bahaya! Ini Penyakit yang Dipicu dari Produk Body Bleaching, Jangan Asal-asalan Ya Beauty!

Baca Juga: Jangan Ngeyel Ya Moms! Ini 5 Hal yang Sering Dianggap Remeh Wanita Usai Bercinta, Tiati Penyakit Serius Bisa Mengintai!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan