Menu

3 Langkah yang Harus Moms Lakukan agar Bekas Jahitan Setelah Melahirkan Normal Cepat Sembuh

01 Mei 2024 15:45 WIB
3 Langkah yang Harus Moms Lakukan agar Bekas Jahitan Setelah Melahirkan Normal Cepat Sembuh

Illustrasi Ibu Hamil Akan Melahirkan (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, saat kamu melakukan proses persalinan normal, Miss V rentan mengalami robekan, apalagi di bagian labia dan perineum. Risiko itu akan semakin meningkat saat kamu melahirkan terlalu cepat.

Meski begitu, Moms gak usah khawatir karena ada beberapa cara mempercepat proses penyembuhan bekas jahitan dan pemulihan pasca melahirkan. Mengutip dari buku 365 Tip for Women, berikut ini caranya.

1. Istirahat yang cukup pasca-melahirkan

Istirahat yang cukup bisa memulihkan kelelahan pasca-persalinan. Istirahat bukan berarti tak boleh bergerak sama sekali ya Moms. Tapi kamu dianjurkan untuk bergerak, seperti duduk, berjalan, dan mengurus bayi agar cepat sembuh.

2. Jaga kebersihan Miss V

Moms, kamu harus mengupayakan agar daerah Miss V kamu selalu kering dan bersih. Sering-seringlah untuk mengganti celana dan pembalut khusus pasca-persalinan. 

Sesekali, Moms diperbolehkan untuk membiarkan luka jahitan Miss V terkena udara terbuka sehingga luka bisa cepat kering dan terhindar dari kelembapan berlebih.

Untuk mengurangi rasa sakit, gunakan kompres pada luka jahitan dengan es batu yang dibungkus dengan kain bersih dan kemudian tempelkan pada bekas jahitan tersebut.

Sementara saat Moms buat air kecil, bisa siram dengan air dingin untuk mengurangi rasa perih. Lalu cebok dari arah depan ke belakang dengan air bersih, jangan sebaliknya. Setelah itu, oleskan luka jahitan dengan salep antibiotik sesuai anjuran dokter.

Baca Juga: Benarkah Para Moms Setelah Melahirkan Harus Minum Jamu? Simak Faktanya dari Dokter Moms!

Baca Juga: Ibu Muda Wajib Tahu! Ini 5 Makanan yang Bisa Bantu Lancarkan Proses Persalinan, Nomor 2 Gak Disangka Banget?!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah