Menu

Beauty Jangan Asal Kurus, Inilah 11 Risiko yang Bisa Moms Rasakan Jika Turun Berat Badan Secara Drastis

05 Mei 2024 14:10 WIB
Beauty Jangan Asal Kurus, Inilah 11 Risiko yang Bisa Moms Rasakan Jika Turun Berat Badan Secara Drastis

Ilustrasi wanita berhasil diet. Berat badannya menunjukkan penurunan. (HerStory/Wafi)

HerStory, Jakarta —

Beauty, memiliki berat badan yang jauh dari kata ideal pasti bikin tak nyaman dan gak percaya diri. Nah, sebelum berusaha untuk menguruskan badan, Moms harus tahu dulu jika kelebihan berat badan terjadi karena asupan kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang dibakar.

Menurut dr. Tirtawati Wijaya, SE pada 3 Mei 2024, kelebihan kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak yang akan digunakan di kemudian hari.

"Bila ini terjadi terus menerus dalam jangka panjang, simpanan lemak di tubuh semakin bertambah, membuat tubuh semakin berat dan semakin sulit untuk beraktivitas," jelas dr. Tirtawati dikutip Herstory Minggu, Minggu (5/5/2024).

Nah, jika Moms jadi malas gerak karena kegemukan, pasti pembakaran kalori dalam tubuh pun semakin menurun sehingga kalori pun tambah banyak dan kamu pun tambah gemuk. Hal itu akan terjadi terus menerus seperti lingkaran eta.

"Untuk memutus lingkaran setan dan menurunkan berat badan, seseorang harus mengurangi asupan kalorinya, meningkatkan pembakaran kalorinya, atau keduanya sekaligus (ini lebih disarankan)," tutur dr. Tirtawati.

Meski begitu, dokter menyarankan untuk tak melakukan penurunan berat badan secara mendadak karena tubuh sudah terbiasa dengan kelebihan berat badan dalam jangka waktu panjang. Itu karena bisa memicu reaksi tubuh yang tak diharapkan.

Menurut dr. Tirtawati inilah beberapa risiko yang bisa disebabkan oleh penurunan berat badan terlalu drastis.

  1. Lemah, letih, lesu
  2. Mudah marah
  3. Terbentuknya batu kandung empedu
  4. dehidrasi
  5. malnutrisi
  6. Haid tidak teratur
  7. Rambut rontok
  8. Kehilangan massa otot
  9. Konstipasi
  10. Sakit kepala
  11. gangguan keseimbangan elektrolit, yang kadang dapat berakibat fatal.
  12. Agar Beauty tak merasakan risiko-risiko tersebut, kamu disarankan hanya boleh menurunkan 0,5 kg saja setiap minggunya.

"Program penurunan berat badan apapun, baik berupa diet, olahraga, atau kombinasinya, dalam jangka waktu 7 hari idealnya tidak menyebabkan penurunan berat badan lebih dari 0.5kg. Bila Anda hanya kelebihan berat badan 0.5kg, maka program tersebut mungkin dapat dipertimbangkan," saran dr. Tirtawati.

Baca Juga: Cara Diet dalam Waktu Singkat Tanpa Olahraga, Emang Bisa? Mending Simak Yuk Tips Turunkan Berat Badan yang Sehat dan Aman di Sini...

Baca Juga: Aturan Makan untuk Beauty yang Sedang Diet, Dijamin Tetap Kenyang Tapi Defisit Kalori, Ikutan Yuk!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.