Menu

Konon Katanya Jahe Bisa Bantu Atasi Diabetes, Beneran Gak Sih? Beauty Kepoin Yuk Faktanya...

10 Mei 2024 23:50 WIB
Konon Katanya Jahe Bisa Bantu Atasi Diabetes, Beneran Gak Sih? Beauty Kepoin Yuk Faktanya...

Jahe. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, akhir-akhir ini penderita diabetes di Indonesia terus meningkat, bahkan mulai menyerang pada anak-anak muda. Itu gak boleh disepelekan, karena terlambat ditangani bisa menyebabkan komplikasi berbahaya untuk tubuh.

Menariknya Moms, siapa sangka ramuan jahe ampuh untuk mengontrol gula darah dan mencegah diabetes. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut.

Gula darah dan diabetes ternyata bisa dicegah dengan tanaman jahe. Tanaman rimpang ini memiliki senyawa yang bisa membantu untuk mengontrol gula darah pada tubuh.

Hasil penelitian yang diterbitkan journal Planta Media pada Agustus 2021 mengungkapkan jika jahe mampu mengontrol gula darah dalam jangka panjang. Khususnya pada penderita diabetes tipe 2. Jahe mengandung senyawa gingerol aktif yang dapat membantu meningkatkan penyerapan gula darah ke dalam sel otot tanpa menggunakan insulin.

Ekstrak pada jahe bisa berinteraksi dengan reseptor serotonin pada tubuh untuk membalikkan dampak pada sekresi insulin. Sehingga mampu menurunkan kadar gula darah hingga 35 persen dan meningkatkan insulin 10 persen.

Selain itu, jahe juga membantu menurunkan berat badan yang merupakan salah satu faktor penyebab diabetes. Jahe juga melindungi jantung dari masalah yang timbul karena diabetes. Meskipun begitu, penderita diabetes dihimbau untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi jahe. Apalagi bagi yang sedang mengonsumsi obat diabetes.

Hal itu karena ditakutkan jahe akan membuat gula darah anjlok atau disebut hipoglikemia. Jahe juga akan mempengaruhi kinerja dari obat diabetes yang diberikan oleh dokter. Sehingga perlu ada konsultasi dengan dokter saat akan mengonsumsi jahe.

Baca Juga: Cocok untuk Diabetesi, Ini Lho 3 Rekomendasi Rice Cooker yang Bisa Bikin Kadar Karbo dan Gula dalam Nasi Jadi Rendah

Baca Juga: Gak Boleh Sembarangan, Ini Jadwal Makan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah