Menu

Rasio Luka Dekubitus di Indonesia Meningkat, Lifree Luncurkan Popok dengan Bahan Breathable, Nyaman Banget Digunakan!

31 Mei 2024 23:55 WIB
Rasio Luka Dekubitus di Indonesia Meningkat, Lifree Luncurkan Popok dengan Bahan Breathable, Nyaman Banget Digunakan!

Uni-Charm Luncurkan Popok Lifree (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan brand popok dewasa Lifree yang menggunakan 100han breathable (bersirkulasi) satu-satunya di Indonesia.

Dalam konferensi pers yang digelar tanggal 29 Mei 2024, bertepatan dengan Hari Lanjut Usia Nasional, PT Uni-Charm Indonesia Tbk membahas tentang rasio kejadian luka dekubitus di Indonesia lebih tinggi dibanding Negara-Negara lain di ASEAN, yaitu mencapai 33%.

Hal ini menjadikan luka dekubitus sebagai salah satu isu sosial di Indonesia. Apalagi saat ini Indonesia telah memasuki era aging population, dimana jumlah lansia di Indonesia mencapai 11.75 diprediksi akan terus bertambah mencapai 20i total penduduk Indonesia di tahun 2045. 

Hal ini tentunya menjadi salah satu tantangan dalam pemenuhan perawatan jangka Panjang lansia. dr. Nida Rohmawati, MPH sebagai Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan, bertepatan dengan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke 2024 hari ini dengan mengusung tema Kesehatan “Lansia sehat dan berdaya untuk Indonesia Emas” menekankan pentingnya peran keluarga dan tenaga kesehatan dalam perawatan lansia terutama yang memerlukan perawatan jangka Panjang untuk pencegahan dekubitus. 

Upaya peningkatan derajat kesehatan lansia akna menjadikan lansia lebih berdaya guna sehingga dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Lalu terkait resiko terjadinya luka dekubitus, dr. Rinadewi Astriningrum Sp.D.V.E., Subsp.D.A dari KSDGI mengatakan, 

“Lansia dengan kondisi tirah baring yang mobilitasnya terbatas memiliki resiko terkena luka dekubitus lebih tinggi karena adanya tekanan pada area tubuh yang sama dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat diperparah jika menggunakan popok dengan sirkulasi udara yang tidak baik, karena kulit menjadi pengap dan rentan terhadap iritasi. Oleh karena itu, popok yang sirkulasi udaranya baik efektif untuk mencegah terjadinya luka dekubitus," ujarnya.

Perawatan Lansia dengan Luka Dekubitus

Lansia dengan luka dekubitus memerlukan perawatan yang lebih intensif dibanding lansia yang tak memiliki masalah kulit. 

Bapak Jajang Rahmat Solihin, M.Kep,Sp.Kep Kom selaku Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DKI Jakarta mengatakan, 

“Lansia rentan terkena luka dekubitus jika tetap berada dalam posisi tubuh yang sama dalam jangka waktu lama karena sirkulasi darah terhambat, sehingga penting untuk merubah posisi tubuh secara berkala. Selain itu, memilih popok yang memiliki sirkulasi udara yang baik, serta membasuh kulit di sekitar area luka dekubitus dengan air hangat secara perlahan juga tidak kalah penting. Kami berharap melalui konferensi pers hari ini, kami dapat memberi edukasi kepada lebih banyak perawat terkait cara perawatan luka dekubitus yang benar,” pungkasnya.

Nah, melanjutkan inisiatif di tahun 2023 melalui kolaborasi pertama di Indonesia antara pihak Pemerintah, produsen dan akademisi melakukan riset bersama Clinical Research Supporting Unit – Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (CRSU-FKUI), kali ini Lifree meluncurkan popok dewasa pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan 100han breathable, yaitu Lifree Popok Perekat lho Beauty!

Dari hasil pengujian internal yang kami lakukan, Lifree Popok Perekat terbukti dapat mengurangi kelembapan kulit di area sekitar perut (skin moisture) hingga 25% dibanding menggunakan popok perekat biasa berbahan vinyl. 

Lalu kelembapan (humidity) di dalam popok juga membaik 23% dibanding popok perekat biasa.

Baca Juga: Unicharm Kawinkan Sains dengan Bahan Alami, Produk Ini Bio Material Limited Edition Lho Beauty! Mau Coba?

Baca Juga: Pertama Kalinya Ikut Ramaikan Hari Wanita Internasional, PT Uni-Charm Indonesia Sambangi Binus University Demi Gali Potensi Peranan Wanita!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.